Kompas.com - 05/12/2021, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan riset jaringan mobile, OpenSignal merilis laporan terbaru berisi daftar 15 negara di dunia dengan internet 5G terkencang di dunia.

Laporan bertajuk Benchmarking the Global 5G Experience — November 2021 itu mengungkap hasil tes kecepatan download dan upload jaringan 5G di berbagai negara, termasuk negara di wilayah Asia, Amerika, Eropa, hingga Timur Tengah.

Dari laporan tersebut terungkap bahwa, Korea Selatan adalah negara dengan kecepatan (download speed) paling ngebut di dunia. Sementara Norwegia menjadi negara dengan kecepatan unggah (upload speed) terkencang di dunia.

Hasil itu didapatkan setelah OpenSignal melakukan tes kecepatan 5G negara-negara di dunia pada periode 1 Agustus 2021 hingga 29 Oktober 2021.

Indonesia belum masuk daftar yang dirilis OpenSignal ini. Jaringan 5G di Indonesia memang bisa dibilang baru seumur jagung.

Telkomsel sebagai operator 5G pertama di Indonesia baru menggelarnya pada Juni lalu dan baru bisa dirasakan di kota-kota tertentu. Indosat Ooredoo dan XL Axiata menyusul kemudian dengan jangkauan yang juga terbatas.

Baca juga: Daftar 10 Kota dengan Internet Seluler Terkencang di Indonesia, Teratas Bukan Jakarta

15 negara dengan download speed tercepat

Dari laporan OpenSignal, Korea Selatan dinobatkan sebagai negara dengan download speed paling ngebut di dunia, dengan kecepatan unduh rata-rata internet 5G mencapai 423,8 Mbps.

Korea Selatan berhasil mengungguli 14 negara lainnya, yang memiliki kecepatan unduh rata-rata di rentang 355-189 Mbps.

Untuk di posisi kedua dalam daftar 15 negara dengan download speed terkencang ada Norwegia. Negara di semenanjung Skandinavia ini memiliki kecepatan unduh rata-rata sebesar 355,3 Mbps.

Selanjutnya ada Taiwan dan Uni Emirat Arab yang menempati peringkat ketiga dan keempat, masing-masing memiliki download speed rata-rata mencapai 320 Mbps dan 309 Mbps.

Halaman:
Sumber OpenSignal


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.