Gunung Semeru Meletus, Operator Seluler Pastikan Jaringan Normal

Kompas.com - 05/12/2021, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Erupsi Gunung Api Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021), berdampak pada beberapa unit Base Transceiver Station (BTS) milik sejumlah operator seluler di Indonesia.

Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa sebanyak tiga unit BTS mengalami gangguan akibat tidak mendapatkan pasokan listrik dan terkendala akses jalan yang terbatas.

Kabar baiknya, kondisi tersebut tidak menyebabkan gangguan terhadap kondisi jaringan XL Axiata yang berada di wilayah terdampak.

"Hanya 3 BTS yang terdampak di wilayah Kabupaten Lumajang yang terletak paling dekat dengan area bencana," jelas Tri kepada KompasTekno, Minggu (5/12/2021).

Untuk mengatasi masalah ini, menurut wanita yang akrab disapa Ayu ini, pihak operasional XL tengah berupaya menggunakan genset sebagai alat bantu sumber listrik BTS secara sementara.

Baca juga: Aplikasi Mitigasi Bencana Diklaim Bisa Kurangi Jumlah Korban

Mewakili seluruh tim XL Axiata, ia juga mengucapkan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas terjadinya gangguan di sekitar wilayah kabupaten Lumajang.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyaman yang terjadi," tutup Tri.

Tidak hanya dialami XL Axiata, sejumlah BTS operator seluler Telkomsel dan Indosat juga turut terdampak.

Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa Bali, Erwien Kusumawan, menuturkan bahwa terdapat beberapa unit BTS yang terdampak di sekitar lokasi bencana.

Kendati demikian, Erwien memastikan letusan gunung yang berada di ketinggian di atas 3.676 meter dari permukaan laut tersebut tidak menganggu kegiatan operasional pengguna.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.