Review Galaxy Tab S7 FE 5G, Tablet Besar Pendukung Produktivitas

Kompas.com - 06/12/2021, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Galaxy Tab S7 FE 5G adalah anggota terbaru dari keluarga tablet premium Samsung. Harganya lebih terjangkau dibandingkan Galaxy Tab S7, namun ukuran layar dan kapasitas baterainya justru lebih besar.

Tablet ini turut dibekali dengan pena stylus S Pen yang menjadi ciri khas perangkat Samsung Galaxy Tab, berikut sepasang speaker stereo di sisi kiri dan kanan (dalam orientasi landscape) dengan teknologi audio AKG dan Dolby Atmos.

Tak ketinggalan, Samsung turut menyediakan aksesori Book Cover Keyboard Slim yang dijual terpisah sebagai pendukung aspek produktivitas. Tapi, seandal apa Galaxy Tab S7 FE 5G saat digunakan untuk keperluan bekerja dan hiburan? Ikuti ulasan KompasTekno berikut.

Kemasan besar minimalis

Kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kotak kemasan Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Unit Galaxy Tab S7 FE 5G yang dijajal KompasTekno datang dalam boks kemasan berdimensi relatif besar untuk mengakomodir ukuran tablet yang bongsor pula.

Aksesori pelengkap yang terdapat di boks bisa dibilang minimalis. Samsung menyertakan charger dengan keluaran daya hingga 15 watt dan kabel USB A ke USB C, booklet panduan singkat dan garansi, serta SIM card ejector tool.

Baca juga: Tablet Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G Dijual di Indonesia, Ini Harganya

Sylus S Pen yang menjadi ciri khas tablet Samsung juga tersedia di boks, sehingga pengguna Galaxy Tab S7 FE bisa langsung berkreasi dengan menggambar ataupun menulis tangan di layar perangkat.

Kompartemen aksesori di kemasan Galaxy Tab S7 FE 5G
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kompartemen aksesori di kemasan Galaxy Tab S7 FE 5G

Charger bawaan di kemasan Galaxy Tab S7 FE 5G (foto kiri) memiliki output 15 watt, namun perangkat ini sebenarnya mendukung fast charging dengan daya hingga 45 watt
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Charger bawaan di kemasan Galaxy Tab S7 FE 5G (foto kiri) memiliki output 15 watt, namun perangkat ini sebenarnya mendukung fast charging dengan daya hingga 45 watt

Galaxy Tab S7 FE tidak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan stylus S Pen. Tapi terdapat area di bagian punggung -segaris dengan modul kamera- yang dilengkapi dengan magnet.

Pengguna bisa menempelkan S Pen di area bermagnet ini agar tidak mudah tercecer sekaligus masih gampang diraih. Jika ingin lebih aman, ada baiknya mempertimbangkan Book Cover yang menyediakan tempat untuk menyimpan S Pen.

Aksesori-aksesori pelengkap di kemasan Galaxy Tab S7 FE 5G, mencakup charger 15 watt, kabel USB A ke USB C, SIM card ejector tool, stylus S Pen, serta booklet panduan singkat dan garansiKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori-aksesori pelengkap di kemasan Galaxy Tab S7 FE 5G, mencakup charger 15 watt, kabel USB A ke USB C, SIM card ejector tool, stylus S Pen, serta booklet panduan singkat dan garansi

Layar lebar, bodi premium

Diagonal layar Galaxy Tab S7 FE 5G mencapai 12,4 inci. Terbilang lebar sehingga nyaris menyamai ukuran laptop. Panel layar yang digunakan adalah TFT LCD dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, aspect ratio 16:10. dan refresh rate 60 Hz.

Ukuran layar Galaxy Tab S7 FE pun lebih besar dibandingkan Galaxy Tab S7 dan menyamai Galaxy Tab S7 Plus, meskipun jenis panel display yang digunakan berbeda. Layar terbingkai bezel tipis berwarna hitam di sekeliling.

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki layar LCD 12,4 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, aspect ratio 16:10, serta refresh rate 60 Hz
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki layar LCD 12,4 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, aspect ratio 16:10, serta refresh rate 60 Hz

Bodi tablet ini terbuat dari bahan aluminium dengan brushed finishing yang memberikan tampilan matte, serta terasa kesat di tangan. Ditambah dengan pinggiran frame yang flat, Galaxy Tab S7 FE terkesan premium.

Baca juga: Samsung Diam-diam Rilis Galaxy Tab S7 FE dengan Snapdragon 750G

Warna Mystic Green tampak seperti silver dengan nuansa kehijauan. Tergantung sudut pandang dan pencahayaan sekitar, kadang tablet juga terlihat seperti berwarna kebiruan.

Penampilan belakang Galaxy Tab S7 FE 5G  warna Mystic Green. Bodi perangkat ini terbuat dari material brushed aluminum dengan finishing matte
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Penampilan belakang Galaxy Tab S7 FE 5G warna Mystic Green. Bodi perangkat ini terbuat dari material brushed aluminum dengan finishing matte

Tombol daya dan pengatur volume terletak di kanan tablet. Bagian ini akan berada di sisi atas ketika tablet diletakkan dalam orientasi horizontal (landscape). Di sisi sebaliknya ada konektor 3-pin khusus untuk menyambungkan tablet ini ke aksesori Book Cover Keyboard.

Konektor USB C ada di bawah. Sementara itu, speaker terdapat di dua sisi, yakni di kanan dan kiri (orientasi landscape). Dengan demikian, Galaxy Tab S7 FE 5G bisa menghasilkan audio stereo. Suara tidak hanya keluar dari satu sisi saja.

Konektor 3 pin di sisi bawah Galaxy Tab S7 FE 5G yang menghubungkan tablet dengan aksesori Book Cover Keyboard Slim
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Konektor 3 pin di sisi bawah Galaxy Tab S7 FE 5G yang menghubungkan tablet dengan aksesori Book Cover Keyboard Slim

Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki sepasang speaker yang terletak di kiri dan kanan (dalam orientasi landscape) tablet, berikut sebuah konektor USB C di salah satu sisi
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki sepasang speaker yang terletak di kiri dan kanan (dalam orientasi landscape) tablet, berikut sebuah konektor USB C di salah satu sisi

Seusai dengan namanya, Galaxy Tab S7 FE 5G mendukung koneksi internet dengan jaringan seluler generasi ke-5 tersebut, termasuk di band 40 dan band 3 yang saat ini digunakan dua operator seluler 5G di Indonesia.

Baca juga: Samsung Janji Galaxy Tab S7 FE Akan Dapat Sinyal 5G di Indonesia

Laci SIM card tablet ini bisa memuat satu buah kartu SIM nano berikut sebuah kartu memori microSDXC (hingga 1 TB) dalam posisi saling membelakangi.

Galaxy Tab S7 FE 5G mendukung koneksi 5G lewat sebuah kartu SIM nano. Tray ini bisa sekaligus memuat kartu memori microSDXC hingga 1 TB
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy Tab S7 FE 5G mendukung koneksi 5G lewat sebuah kartu SIM nano. Tray ini bisa sekaligus memuat kartu memori microSDXC hingga 1 TB

Berubah jadi laptop dengan keyboard

Aksesori pelengkap yang wajib dipertimbangkan oleh pemilik Galaxy Tab S7 FE 5G adalah Book Cover Keyboard Slim yang akan menyulap perangkat ini jadi serupa laptop dengan papan ketik.

Book Cover Keyboard menempel ke perangkat dengan magnet di sisi punggung dan bawah (orientasi landscape), sementara koneksi data dijalankan lewat konektor 3 pin.

Saat dipasang, cover keyboard sedikit menambah ketebalan perangkat menjadi 13,4mm, sementara bobotnya bertambah 345 gram.

Galaxy Tab S7 FE 5G dan Book Cover Keyboard Slim
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Galaxy Tab S7 FE 5G dan Book Cover Keyboard Slim

Berat keseluruhan Galaxy Tab S7 FE 5G dan cover keyboard masih sedikit di bawah 1kg sehingga lebih ringan dibanding kebanyakan laptop dengan ukuran layar sebanding.

Baca juga: Penjualan Perdana Galaxy Tab S7 FE, Samsung Gratiskan Keyboard

Lantaran ukurannya yang relatif besar dan lebar sesuai dengan layar, keyboard yang memiliki deretan tombol bergaya chiclet ini pun nyaman saat digunakan mengetik.

Di bagian atasnya terdapat deretan tombol functions key yang menjalankan berbagai macam fungsi maupun shortcut seperti pengaturan volume dan kecerahan layar, hingga menjalankan mode DeX.

Deretan tombol di aksesori Book Cover Keyboard Slim berukuran besar dan mudah untuk digunakan layaknya papan ketik di laptop. Di sisi atas terdapat rangkaian tombol functions yang sekaligus berperan sebagai shortcut aneka fungsi seperti pengaturan volume dan brightness, hingga tombol khusus DeX
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Deretan tombol di aksesori Book Cover Keyboard Slim berukuran besar dan mudah untuk digunakan layaknya papan ketik di laptop. Di sisi atas terdapat rangkaian tombol functions yang sekaligus berperan sebagai shortcut aneka fungsi seperti pengaturan volume dan brightness, hingga tombol khusus DeX

KompasTekno bisa langsung memakai keyboard tanpa butuh penyesuaian. Key travel dan resistensi tombol terasa pas, memberikan feedback yang kentara untuk setiap tekanan sehingga tak berbeda dari mengetik di laptop.

Di bagian tengah cover keyboard, tepatnya di engsel, terdapat area bermagnet yang berfungsi sebagai tempat menyimpan stylus S Pen.

Aksesori Book Cover Keyboard Slim menyediakan tempat bermagnet untuk penyimpanan stylus S Pen di bagian engsel di tengah
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Aksesori Book Cover Keyboard Slim menyediakan tempat bermagnet untuk penyimpanan stylus S Pen di bagian engsel di tengah

S Pen bisa ditempelkan di punggung Galaxy Tab S7 FE 5G berkat cutout yang terdapat di aksesori Book Cover Keyboard Slim
KOMPAS.com/ OIK YUSUF S Pen bisa ditempelkan di punggung Galaxy Tab S7 FE 5G berkat cutout yang terdapat di aksesori Book Cover Keyboard Slim

Area penyimpanan ini sulit diraih apabila tablet dalam keadaan diletakkan di meja seperti laptop. Agar lebih mudah diakses, S Pen dapat ditaruh di punggung tablet. Cover keyboard memiliki cutout di bagian ini agar S Pen masih bisa menempel.

Cover keyboard bisa menyangga tablet dengan kemiringan 60 derajat. Sudut ini tak bisa diatur, tapi mestinya sudah mencukupi untuk sebagian besar skenario penggunaan, termasuk menopang tablet saat ingin menonton video atau telekonferensi.

Book Cover Keyboard Slim menopang layar Galaxy Tab S7 FE 5G dengan kemiringan 60 derajat
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Book Cover Keyboard Slim menopang layar Galaxy Tab S7 FE 5G dengan kemiringan 60 derajat

Alat produktivitas andal

Selain cover keyboard, satu hal lain yang membuat Galaxy Tab S7 FE 5G makin mirip laptop adalah fitur antarmuka Samsung DeX yang mengubah tampilan antarmuka sistem operasi menjadi serupa OS desktop.

Ikon-ikon aplikasi ditampilkan di atas wallpaper, lalu aplikasi dijalankan di dalam jendela yang ukuran posisinya bisa diatur dengan bebas. Tapi tidak semua jendela aplikasi bisa diatur ukurannya atau dibuat full-screen dalam mode DeX.

Mode DeX sendiri juga diaktifkan lewat menu Settings atau via ikon DeX di quick settings yang menyatu dengan area notifikasi. Pengguna bisa leluasa berpindah-pindah antara mode tampilan DeX maupun antarmuka One UI 3.1 standar. Keduanya berbasis Android 11.

Tampilan mode DeX di Galaxy Tab S7 FE 5GKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tampilan mode DeX di Galaxy Tab S7 FE 5G
Dalam mode DeX, pengoperasian tablet menjadi serupa laptop. Pengguna dapat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan menampilkan semuanya secara bersamaan di layar.

Layaknya di OS laptop pula, deretan ikon aplikasi yang sedang berjalan akan ditampilkan di taskbar di bagian bawah. Begitu juga dengan menu settings, app drawer, serta informasi waktu.

Baca juga: Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.