Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Gelar Penghargaan Dunia Games Awards 2021, Bisa Voting Sambil "Main Game"

Kompas.com - 06/12/2021, 13:13 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel, melalui platform hiburan digital Dunia Games, bakal menggelar ajang penghargaan bertajuk Dunia Games Awards (DGA) 2021.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengatakan acara tersebut digelar untuk mendukung ekosistem game dan e-sports Indonesia, serta mengapresiasi berbagai pelaku yang terlibat di dalamnya.

“Ajang Dunia Games Awards 2021 merupakan bentuk komitmen Telkomsel untuk memberikan apresiasi kepada seluruh pihak, mulai dari gamer hingga pengembang game lokal yang telah memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan industri terkait," jelas Nirwan dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (6/12/2021). 

Acara puncak DGA 2021 akan digelar secara offline pada 23 Desember 2021 mendatang di Jakarta, dan bakal disiarkan secara langsung di aplikasi MaxStream serta kanal YouTube Dunia Games dan Telkomsel. 

Aapabila tak sempat menyaksikannya, pengguna bisa melihat siaran rangkuman kegiatan DGA 2021 pada keesokan harinya, 24 Desember 2021, pukul 12.00 WIB di stasiun TV swasta SCTV.

Baca juga: Pengembang Game Masih Dipandang Sebelah Mata di Indonesia

Kategori penghargaan

Ilustrasi Dunia Games Awards 2021.Telkomsel Ilustrasi Dunia Games Awards 2021.
Menjelang acara puncak, Telkomsel membuka sesi voting untuk para pencinta game. Gamers bisamemilih beragam judul game, pengembang, hingga tim e-sports favoritnya selama periode 1-14 Desember 2021.

Pengguna bisa melakukan voting untuk17 kategori penghargaan DGA 2021, beberapa di antaranya seperti Esports Male dan Female Player of the Year, Esports Team of the Year, Game of the Year, Coach of the Year, Lifetime Achievement, dan masih banyak lagi. 

Menurut Nirwan, kandidat-kandidat yang masuk dalam nominasi kategori di tiap penghargaan tersebut dipilih berdasarkan seleksi ketat. Seleksi tersebut dilakukan melalui survei di platform dan lembaga media di Indonesia.

Telkomsel juga menggandeng 23 panelis dengan berbagai latar belakang di industri gaming dan e-sports Indonesia untuk menyeleksi ratusan kandidat, sehingga, hanya tersisa lima kandidat terbaik di setiap kategori.

Meski nominasinya dipilih oleh puluhan panelis, pemenang tiap kategori akan tetap murni berdasarkan hasil akhir dari voting yang diberikan oleh pengguna. 

"Melalui ajang penghargaan ini, Telkomsel bukan hanya ingin mengapresiasi, melainkan juga menyampaikan bentuk komitmennya untuk selalu mendukung siapa pun yang ingin terus bergerak maju melalui karya, kontribusi, hingga prestasi yang dapat menginspirasi dan khususnya memberikan dampak yang lebih luas bagi kemajuan bangsa,” pungkas Nirwan.

Baca juga: Epic Games Gratiskan Game Dead by Daylight dalam Waktu Terbatas

Cara voting di DGA 2021

Ilustrasi dunia virtual di Dunia Games Awards 2021.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi dunia virtual di Dunia Games Awards 2021.
Untuk melakuan voting di Dunia Games Awards 2021, pengguna bisa mengunjungi laman https://dgawards.duniagames.co.id/ terlebih dahulu dan memasukkan nama serta e-mail mereka yang aktif.

Kemudian, pengguna bakal "masuk" ke dalam dunia virtual yang kurang lebih mirip dengan dunia virtual yang ada di dalam gelaran Dunia Games Festival 2021 beberapa waktu lalu. 

Di sana, pengguna bisa menelusuri dunia tersebut menggunakan avatar atau karakter yang sudah dibuat.

Nantinya, mekanisme voting bisa dilakukan di sebuah area yang berisi beragam papan kategori penghargaan virtual. 

Dalam area tersebut, pengguna bisa berdiri di depan papan yang bersangkutan, dan memilih satu dari lima nominasi yang layak memenangkan kategori terkait, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.  

Baca juga: Developer Game Indonesia Borong Penghargaan SEA Game Awards 2021

Perlu dicatat, pengguna hanya bisa melakukan voting satu kali pada satu kategori. Selain itu, mereka juga tidak bisa membatalkan voting atau suara yang telah dikirimkan.

Selain voting, pengguna juga bisa menelusuri dunia virtual tersebut layaknya bermain game, serta berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Informasi lebih lanjut mengenai ajang DGA 2021 ini, begitu juga daftar nominasi yang bisa pengguna pilih, bisa dilihat di tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com