Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone SE Generasi Ketiga Disebut Meluncur Awal 2022

Kompas.com - 06/12/2021, 14:18 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple disinyalir akan meluncurkan iPhone versi "murah" generasi terbarunya pada 2022 mendatang. iPhone SE generasi ketiga itu, disebut akan meluncur sekitar awal tahun mendatang.

Kabar ini muncul dari laporan terbaru yang dirilis lembaga riset TrendForce. Laporan tersebut sejatinya berisi tentang lima merek smartphone teratas di dunia berdasarkan jumlah produksi pada kuartal-III (Q3) 2021. 

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Apple menempati posisi kedua sebagai merek ponsel teratas di dunia, dengan jumlah produksi iPhone sebanyak 51,5 juta unit dalam periode Juli-September 2021 dan market share 15,9 persen.

Performa bisnis yang baik ini, menurut TrendForce, mendorong Apple tetap pada rencananya, yaitu menghadirkan iPhone SE generasi ketiga sekitar kuartal pertama (Q1) 2022. Dengan kata lain, peluncuran iPhone SE 3 ini konon tidak akan melewati bulan Maret 2022.

Baca juga: iPhone 13 Pro Berlapis Logam Mobil Tesla Dijual Rp 112 Juta

"Pada aspek pengembangan produk, Apple masih tetap bertahan dengan rencananya untuk merilis iPhone SE generasi ketiga pada kuartal-I 2022, serta empat model dari seri (iPhone) baru pada paruh kedua 2022," kata TrendForce dalam sebuah laporan, dikutip KompasTekno dari TrendForce.com, Senin (6/12/2021).

Pihak TrendForce melanjutkan, iPhone SE generasi ketiga sendiri disebut bakal menjadi produk yang bisa membantu meningkatkan bisnis Apple di masa depan, terutama di segmen ponsel 5G untuk kelas menengah. 

Bahkan, jumlah produksinya pada 2022 mendatang diprediksi bakal mencapai 25-30 juta unit, lebih dari setengah total produksi iPhone pada kuartal-III 2021 versi TrendForce tadi. 

Ilustrasi iPhone SE generasi kedua.John Kim/CNET.com Ilustrasi iPhone SE generasi kedua.
Meski demikian, Apple juga belum mengumbar informasi resmi apapun terkait suksesor iPhone SE 2020 tersebut, begitu juga kabar terkait iPhone SE Plus yang belum lama ini juga menyeruak. 

Baca juga: Sutradara Ghostbusters Bikin Film Pendek Pakai iPhone 13 Pro

Namun, menurut beragam rumor yang sudah beredar di dunia maya, iPhone SE generasi ketiga dikabarkan bakal ditenagai dengan chipset A15 Bionic yang mendukung konektivitas 5G, sama seperti jajaran iPhone 13 Series.

Desain ponsel tersebut juga disinyalir masih akan mengusung desain yang mirip dengan iPhone SE generasi sebelumnya, di mana masih ada tombol home yang bisa digunakan untuk fitur biometrik Touch ID. 

Untuk peluncurannya sendiri, iPhone SE generasi ketiga konon bakal diperkenalkan dalam sebuah acara Apple Event yang bakal digelar pada Maret 2022 mendatang. Benarkah? Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com