Ringtone Chat WhatsApp Bisa Dibuat Berbeda-beda Tiap Kontak, Ini Caranya

Kompas.com - 06/12/2021, 15:02 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan singkat paling populer saat ini. Selain digunakan sebagai media untuk chatting, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan juga panggilan video.

Salah satu keunggulan WhatsApp dibanding aplikasi sejenis adalah tampilan yang sederhana, sehingga memudahkan para pengguna. Tidak hanya itu, ragam fitur yang dimiliki WhatsApp juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga wajar jika aplikasi ini banyak digunakan.

Berbicara soal fitur, salah satu yang sering disepelekan tapi cukup penting adalah nada dering atau ringtone. Saat mengunduh aplikasi WhatsApp, ringtone yang terpasang secara default bernama "Skyline".

Baca juga: Cara Mudah Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Pengguna Lain

Fitur itu akan terpasang untuk seluruh kontak, baik individu maupun grup. Akan tetapi, pengguna bisa menggantinya sesuai keinginan untuk masing-masing kontak alias "custom".

Mengganti ringtone atau nada dering WhatsApp yang berbeda-beda sesuai kontak, baik pribadi maupun grup, bisa mempermudah pengguna untuk menerka lebih cepat siapa yang baru saja mengirim pesan WhatsApp tanpa perlu buru-buru membuka aplikasi WhatsApp.

Seain Skyline, pengguna bisa memasang ringtone chat WhatsApp menggunakan nada dering yang tersimpan di perangkat.

Sejatinya, fitur ini sudah lama dihadirkan WhatsApp, baik untuk pengguna Android maupun iOS (iPhone). Fitur ini merupakan bawaan, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Stiker WA Langsung di WhatsApp Web

Lalu bagaimana caranya? Berikut cara mengganti ringtone chat WhatsApp di kontak yang berbeda-beda, di WhatsApp versi Android dan iOS:

Android

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk menu "chat"/obrolan.
  3. Pilih kontak pribadi/grup yang ingin diubah nada deringnya secara "custom".
  4. Klik nama kontak tersebut.
  5. Gulir sedikit ke bawah, lalu pilih menu "notifikasi kustom" yang dilambangkan simbol notasi lagu.
  6. Pada opsi "gunakan notifikasi kustom", klik kotak kosong yang ada di kanan.
  7. Setelah muncul tanda centang, klik opsi "nada notifikasi".
  8. Pilih nada yang ingin digunakan.
  9. Jika ringtone sudah dipilih, klik tombol kembali.

Cara ganti nada dering chat WhatsApp di kontak yang berbeda-beda.Kompas.com/Cinthia Pasha Cara ganti nada dering chat WhatsApp di kontak yang berbeda-beda.

iPhone (iOS)

  1. Buka kontak yang ingin dipasang nada dering "custom", seperti pada langkah nomor empat di versi Android.
  2. Klik menu wallpaper & bunyi
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan menu "nada kustom"
  4. Klik menu "nada peringatan"
  5. Pilih nada dering yang diinginkan

Baca juga: Cara agar Chat WhatsApp Tidak Hilang Saat Pindah ke HP Baru

Setelah mengikuti langkah di atas, sekarang Anda bisa mendengar nada yang berbeda untuk setiap kontak di WhatsApp. Selain memasang nada dering, Anda juga bisa mengganti nada dering untuk telepon dan video call dengan langkah yang sama.

Pengguna juga bisa mengatur getar dengan beberapa opsi, yakni "mati", "default", "pendek", dan "lama". Bagaimana mudah bukan? Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.