Qualcomm Pamer Snapdragon G3x Gen 1, Chipset Khusus Konsol Game Portabel

Kompas.com - 06/12/2021, 17:01 WIB
Ilustrasi chipset Snapdragon G3x Gen1 buatan Qualcomm, serta perangat yang dirancang mirip game portable untuk menunjukan kemampuan chipset. GSM ArenaIlustrasi chipset Snapdragon G3x Gen1 buatan Qualcomm, serta perangat yang dirancang mirip game portable untuk menunjukan kemampuan chipset.

KOMPAS.com - Ajang "Snapdragon Tech Summit 2021" dimanfaatkan Qualcomm untuk memamerkan beragam produk semikonduktor terbaru bikinannya, salah satunya adalah chipset Snapdragon G3x Gen 1

Bukan untuk smartphone, System-on-Chip (SoC) yang disebut memiliki pengolah grafis (GPU) Adreno edisi eksklusif ini dirancang khusus untuk perangkat handheld gaming console atau konsol game portabel macam Nintendo Switch. 

Spesifikasi SoC perdana Qualcomm untuk segmen konsol game portabel ini sebenarnya belum dijelaskan secara rinci oleh perusahaan chip asal Amerika Serikat itu.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Namun, kebolehannya dipamerkan dalam sebuah perangkat yang dirancang dengan mitra Qualcomm, yang selama ini dikenal membuat beragam aksesori dan periferal khusus bagi para gamer, yaitu Razer.

Secara tampilan, perangkat yang bernama "Snapdragon G3x Handheld Developer Kit" tersebut mengusung layar HDR OLED dengan refresh rate 120 Hz yang mendukung gameplay video hingga kualitas 1080p dengan frame rate 120 fps.

Desainnya juga sekilas tampak memanjang seperti perangkat gaming portabel macam Nintendo Switch, di mana bagian gamepad kiri terlihat dibekali dengan tombol navigasi dan joystick analog, dan gamepad kanan hadir dengan berbagai tombol aksi. 

Spesifikasi perangkat gaming portabel Snapdragon G3x Handheld Developer Kit.GSMArena Spesifikasi perangkat gaming portabel Snapdragon G3x Handheld Developer Kit.

Pada aspek kemampuan, perangkat ini ditopang dengan baterai jumbo berkapasitas 6.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian daya cepat, webcam 1080p, WiFi 6E, serta dukungan konektivitas 5G berjenis mmWave untuk memainkan berbagai game dengan teknologi cloud.

Baca juga: 6 Hal tentang Snapdragon 8 Gen 1, Chip Terbaru Qualcomm yang Meluncur Hari Ini

Ada pula dukungan native untuk berbagai controller pihak ketiga, fitur stereo haptics untuk memberikan feedback getaran di kedua sisi gamepad, hingga konektor USB-C untuk menghubungkan konsol tersebut ke berbagai perangkat lain, semacam Smart TV atau kacamata AR/VR.

Untuk meredam panas berlebih, perangkat gaming portabel tersebut sudah dibekali dengan kipas pendingin, di mana udara panas bakal keluar melalui ventilasi udara yang disematkan di punggung perangkat. 

Baca juga: Ancaman di Balik Ponsel yang Pakai Qualcomm Snadragon 8 Gen 1

Meski kemampuannya sudah dipamerkan, Qualcomm sendiri belum memiliki rencana untuk meluncurkan SoC khusus perangkat handheld gaming ini ke pasar komersil, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Senin (6/12/2021).

Adapun kerja sama membuat konsol portabel dengan Razer ini hanyalah sebuah demo untuk mengetahui apa saja kemampuan yang bisa ditawarkan chipset Snapdragon G3x Gen 1 untuk menunjang kegiatan gaming.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.