Aplikasi Radar Cuaca untuk Melihat Awan Hujan dan Badai Secara Live

Kompas.com - 07/12/2021, 13:02 WIB
BMKG deteksi lahirnya bibit siklon tropis 94W di Perairan Kamboja. Waspada, hal ini akan memicu cuaca ekstrem di Indonesia. BMKGBMKG deteksi lahirnya bibit siklon tropis 94W di Perairan Kamboja. Waspada, hal ini akan memicu cuaca ekstrem di Indonesia.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem hingga 9 Desember 2021.

Adapun dampak-dampak yang harus diwaspadai masyarakat adalah adanya curah hujan yang tinggi serta terjadinya gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

Melihat fenomena tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak-dampak yang terjadi seperti curah hujan di atas normal dan kemungkinan terjadinya badai.

Baca juga: 6 Aplikasi Prakiraan Cuaca untuk Antisipasi Hujan

Untuk meningkatkan kewaspadaan, masyarakat kini dengan mudah bisa memantau cuaca awan hujan atau badai secara live melalui aplikasi weather radar (radar cuaca).

Dengan aplikasi weather radar dan dipadukan dengan aplikasi prakiraan cuaca, dapat membantu masyarakat lebih waspada dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem.

Berikut ini beberapa aplikasi radar cuaca (weather radar) untuk memantau hujan dan badai di lokasi Anda secara live.

RainViewer

Aplikasi Prakiraan CuacaSoffya Ranti Aplikasi Prakiraan Cuaca

RainViewer merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memantau prakiraan cuaca, seperti memperkirakan hujan, badai, maupun salju di peta radar live. Aplikasi ini dapat memantau pergerakan badai dalam 90 menit ke depan.

Adapun beberapa keunggulannya yaitu dapat memperkirakan cuaca dalam 24 jam dan 7 hari yang ditampilkan dengan grafik yang bagus.

Baca juga: Twitter Luncurkan Tomorrow, Layanan Berita Cuaca Berbayar

Terdapat notifikasi hujan, dan pengguna dapat membagikan prakiraan cuaca dengan kerabat, teman, dan lainnya melalui berbagai media sosial.

RainViewer dapat diunduh dan diakses secara gratis di Android maupun iOS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.