Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Pertama Oppo Meluncur Minggu Depan?

Kompas.com - 08/12/2021, 07:01 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Desas-desus ponsel lipat Oppo sudah lama terdengar. Dari rumor yang beredar, ponsel lipat pertama Oppo akan dikomersilkan tidak lama lagi.

Kabar ini bersumber dari pembocor gadget ulung, Evan Blass di akun Twitter-nya dengan handle @evleaks.

Dalam sebuah utas (thread), Evan mendapati jika Oppo sempat mengangkat tagline "Unfold the Future" untuk acara Oppo Inno Day 2021. Akan tetapi, tagline itu diubah menjadi "Reimaging the Future".

"Sepertinya Oppo memutuskan untuk mengganti tagline Inno Day 2021 di menit-menit terakhir," begitu twit pertama Blass.

Baca juga: Samsung Dikabarkan Setop Galaxy Note, Fokus ke Ponsel Lipat Galaxy Z

"Tapi berkat Google cache, kita semua bisa melihat versi orisinilnya," tulis @evleaks di twit kedua, lengkap dengan tangkapan layar poster Inno Day 2021 denan tagline "Unfold the Future".

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Meluncur Akhir Tahun Ini?

Oppo Inno Day merupakan acara tahunan Oppo yang digelar untuk memamerkan beberapa teknologi buatan Oppo, dan sekilas tentang rencana perusahaan ke depan. Untuk tahun ini, Oppo Inno Day akan digelar pada 14-15 Desember 2021.

Dirangkum KompasTekno dari BGR, Rabu (8/12/2021), di hari pertama Oppo Inno Day, vendor ponselChina itu akan menggelar agenda "Innovative product launch event". Biasanya, dalam agenda tersebut, perwakilan Oppo akan memaparkan inovasi mereka dalam sebuah produk.

Kemudian di hari kedua, akan digelar agenda "new flagship product launch event". Jika rumor peluncuran ponsel lipat Oppo benar, kemungkinan perangkat itu akan diperkenalkan di hari pertama atau kedua.

Namun, belum ada informasi resmi dari Oppo soal peluncuran ponsel lipat pertamanya. Sehingga rumor ini masih belum bisa dipastikan kebenarannya.

Rumor desain ponsel lipat Oppo

Beberapa tahun belakangan, Oppo beberapa kali memamerkan purwarupa ponsel lipatnya dengan aneka desain. Seperti di tahun 2019 lalu, Oppo memamerkan ponsel lipat dengan mekanisme serupa Samsung Galaaxy Fold (dilipat ke samping).

ponsel lipat OppoOppo ponsel lipat Oppo

Tahun 2020, desain baru dipamerkan, yakni dilipat menjadi tiga bagian. Tidak cuma itu, di tahun yang sama Oppo juga memamerkan purwarupa ponsel dengan layar yang bisa ditekuk secara horizontal di bagian tengah, atas, dan bawah, ala ponsel clamshell.

Oppo menyebutnya dengan istilah "slide-phone", di mana layar ponsel bisa dibentangkan secara keseluruhan, sehingga bentuk perangkat terlihat memanjang.

Oppo pamerkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatanXDA-Developers.com Oppo pamerkan ponsel dengan mekanisme tiga lipatan

Baca juga: Ponsel Lipat Oppo Pesaing Samsung Galaxy Flip Segera Meluncur?

Bocoran lain soal desain ponsel lipat Oppo juga beredar belakangan. Salah satunya diumbar oleh pembocor bernama Digital Chat Station, di jejaring sosial asal China, Weibo. Kabarnya, ponsel lipat Oppo akan dibekali panel fleksibel berjenis low-temperature polycrystalline oxide (LTPO).

Panel ini biasa digunakan vendor smartphone untuk menghadirkan fitur refresh rate yang bisa menyesuaikan konten yang sedang dilihat pengguna secara otomatis.

Tidak disebutkan berapa ukuran layar dan bagaimana mekanisme lipatannya, apakah model lipatan clamshell seperti Galaxy Z Flip (melipat ke atas) atau kah model lipatan ke samping seperti Galaxy Z Fold.

Halaman:
Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com