Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Fitur "Take a Break", Ingatkan Pengguna untuk Rehat

Kompas.com - 08/12/2021, 08:05 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Instagram

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan dan diuji coba sekitar awal November lalu, Instagram akhirnya resmi merilis fitur yang memungkinkan pengguna rehat sejenak dari aplikasi tersebut. Fitur itu diberi nama "Take a Break" yang dalam bahasa Indonesia berarti istirahat.

Hal ini diumumkan oleh Head of Instagram, Adam Mosseri melalui akun Instagram dan Twitter-nya dengan handle yang sama, @mosseri.

Dalam unggahan tersebut, ia mengatakan bahwa fitur Take a Break juga resmi diumumkan berbarengan dengan dua fitur pendukung aktivitas pengguna lainnya di Instagram.

Mereka adalah Parental Controls dan sejumlah pembaruan dalam fitur pemantau aktivitas di aplikasi Instagram, alias Your Activity.

Meski demikian, fitur Parental Controls hanya sebatas diperkenalkan saja dan bakal meluncur Maret 2022 mendatang, sedangkan beberapa fitur Your Activity teranyar masih terbatas dalam tahap uji coba.

"Saya senang sekali mengumumkan bahwa ketiga fitur ini hadir untuk komunitas Instagram, sehingga mereka merasa lebih merasa percaya diri menggunakan platform tersebut," ujar Mosseri.

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Rehat, Begini Tampilannya

Lantas, apa fungsi dari sejumlah fitur-fitur yang diumumkan Instagram ini?

Fitur Take a Break untuk rehat

Fitur Instagram untuk rehat sejenak, alias Take a Break.Instagram Fitur Instagram untuk rehat sejenak, alias Take a Break.

Sesuai dengan namanya dan seperti telah disebutkan di atas tadi, fitur Take a Break memungkinkan pengguna Instagram untuk rehat sejenak dari platform tersebut.

Nantinya, Take a Break bakal memunculkan sebuah tampilan pengingat untuk istirahat ketika pengguna sedang menelusuri linimasa mereka.

Dalam tampilan tersebut, tampak bahwa fitur ini bersifat opsional. Artinya, pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan fitur Take a Break atau tidak.

Jika ingin mengaktifkannya, maka pengguna bisa memilih durasi untuk rehat dari aplikasi tersebut, mulai dari 10 menit hingga 30 menit.

Di pilihan durasi rehat ini, pengguna juga bisa memilih untuk tidak mengaktifkan fitur Take a Break sama sekali dengan memilih opsi "Off".

Baca juga: Instagram Siapkan Fitur Rehat Sejenak untuk Pengguna Remaja

Setelah memilih durasi, Instagram lantas memberi imbauan untuk menutup aplikasi dan merekomendasi beberapa hal, seperti mengatur nafas, menuliskan hal-hal yang sedang dipikirkan, mendengarkan lagu favorit, dan membuat daftar kegiatan.

"Berdasarkan pengujian, lebih dari 90 persen remaja tetap mengaktifkan fitur Take a Break (setelah diaktifkan pertama kali)," klaim Mosseri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Instagram
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com