9 Topik yang Banyak Dicari Netizen Indonesia di Google Search 2021

Kompas.com - 08/12/2021, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahunnya, Google membuat daftar 10 pencarian yang menjadi tren di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Daftar tersebut disusun dalam sebuah rangkuman yang dijuluki "Year in Search".

Sama seperti tahun sebelumnya, Year in Search tahun 2021 ini menghadirkan sembilan kategori daftar pencarian yang paling populer. Bedanya, kategori "Kepergian Tokoh" kini digantikan dengan kategori "Covid-19".

Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan mengatakan bahwa kategori tersebut dipilih karena topik terkait pengendalian pandemi dan Covid-19 memang masih relevan sampai saat ini.

Baca juga: Ini yang Dicari Netizen Indonesia di Google Selama Pandemi

"Kami merasa bahwa Indonesia saat ini masih dalam momen-momen pandemi (Covid-19), jadi masyarakat memang tetap harus waspada," tutur Feliciana dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/12/2021).

"Sepanjang 2021, masyarakat mencari cara menyembuhkan indera penciuman, atau apa itu gejala anosmia, atau bahkan bagaimana cara untuk mencegah Covid-19," imbuh Feliciana.

Daftar 9 kategori topik pencarian populer di Year in Search 2021.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Daftar 9 kategori topik pencarian populer di Year in Search 2021.

Selain kategori Covid-19, Google masih menghadirkan kategori "Overall Trending" untuk topik-topik yang menjadi perbincangan secara umum, kategori berita atau "Peristiwa Nasional", "Resep", hingga "Film'Series".

Baca juga: 7 Hal yang Dicari Netizen Indonesia di Google Terkait Virus Corona

Ada pula beberapa kategori yang merangkum daftar kata kunci yang berbentuk pertanyaan macam "Apa Itu", "Siapa", hingga "Bagaimana Cara".

Selengkapnya, berikut daftar sembilan kategori topik yang dirangkum Google untuk Year in Search 2021, lengkap dengan daftar 10 kata kunci pencarian populer di masing-masing kategori.

Perlu dicatat, daftar ini disusun berdasar topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya, bukan berdasar tingkat popularitas atau jumlah penelusuran terbanyak.

Di samping itu, data Year in Search 2021 ini diperoleh Google dari data penelusuran mulai dari awal tahun hingga 30 November 2021.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.