Oppo Pamer Desain Kamera "Keluar Masuk", Begini Bentuknya

Kompas.com - 08/12/2021, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Dalam acara Inno Day 2021 yang akan digelar pada 14 Desember mendatang, Oppo akan memamerkan sejumlah teknologi anyar. Salah satunya adalah desain modul kamera yang bisa "keluar masuk" atau retractable.

Bocoran teknologi ini juga sudah dipamerkan Oppo melalui akun Twitter resminya. Dalam sebuah video pendek, perusahaan memperlihatkan sedikit cara kerja dari inovasi terbaru tersebut.

Dari video yang diunggah, terlihat bahwa modul kamera belakang tampak sedikit menonjol, seperti modul kamera pada umumnya.

Baca juga: Ponsel Lipat Pertama Oppo Meluncur Minggu Depan?

Namun, desain retractable ini membuat kamera dapat timbul secara otomatis apabila pengguna menjalankan aplikasi kamera pada ponsel.

Dalam video demonstrasi, diperlihatkan bahwa kamera tersebut juga terkena cipratan air. Hal ini mengindikasikan bahwa kamera dengan desain retractable itu akan dilengkapi fitur ketahanan air.

Selain itu, video tersebut juga memperlihatkan kamera dapat terbenam secara otomatis apabila jatuh dari ketinggian.

Desain kamera retractable ini mengusung konsep yang berbeda dengan pop-out camera yang dimiliki Oppo.

Kamera ini juga tidak menggunakan mekanisme rotating pop-up alias kamera yang bisa berputar. 

Oppo juga tidak mengungkapkan informasi lebih lanjut tentang modul kamera ini. Oppo hanya menuliskan informasi soal ukuran sensor 1/1,56 inci, panjang fokus 50mm, dan aperture f/2.4.

Baca juga: Menjajal Kamera Oppo A95, Bagaimana Hasil Fotonya?

Ukuran sensor ini identik dengan sensor kamera utama IMX766 50MP dan kamera ultra-wide angle milik Find X3 Pro.

Sebagai informasi, Find X3 Pro mempunyai kamera utama 50 MP dengan sensor IMX766 (f/1.8) PDAF, kamera ultra-wide 50 MP (f/2.2, PDAF) dengan sensor Sony IMX766, dan kamera telephoto 13 MP dengan lensa periskop (f/2.4, 5x optical zoom, 20x digital zoom).

Tidak dijelaskan pula apakah kamera ini dapat melakukan zoom optik dengan mekanisme "keluar masuk" tersebut atau memiliki fungsi lain untuk menunjang fotografi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Rabu (8/12/2021),

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.