Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tutup Akun Instagram dan Mengembalikannya Jika Terhapus

Kompas.com - 08/12/2021, 18:16 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram merupakan salah satu platform media sosial populer dan banyak digunakan orang baik untuk kebutuhan personal maupun bisnis. Saat ini hampir setiap orang memiliki akun Instagram.

Sebagian orang akan memanfaatkan platform ini untuk berbagi cerita, momen, dan menikmati berbagai hiburan lainnya. Namun, banyaknya fitur-fitur menarik di Instagram terkadang mambuat penggunanya larut dan lupa waktu saat memainkannya.

Hal tersebut tentu menjadi dampak negatif tersendiri bagi pengguna. Maka dari itu beberapa pengguna pun memutuskan untuk menutup atau menghapus akun mereka agar mengurangi kecanduan terhadap media sosial sekaligus mulai menjaga privasi atas dirinya.

Baca juga: Begini Cara Mengunci Akun Instagram Agar Lebih Aman

Lantas bagaimana cara menutup atau menghapus akun instagram? Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Rabu (8/12/2021), berikut ini langkah-langkah menghapus akun Instagram.

Cara menghapus akun Instagram

Agar lebih mudah, klik tautan berikut melalui peramban (browser) di ponsel atau komputer Anda untuk langsung menuju laman hapus akun Instagram. Mengapa harus melalui browser? Sebab, pengguna tidak dapat menghapus akun langsung melalui aplikasi Instagram. Selanjutnya, ikuti langkah berikut:

  1. Log in ke akun Instagram Anda dengan mengetikkan username/e-mail dan password akun Instagram.
  2. Kemudian Instagram akan menanyakan mengapa Anda ingin menghapus akun Anda. Terdapat beberapa pilihan alasan yang bisa dipilih pengguna. 
  3. Jika sudah memilih alasan yang sesuai, Anda akan diarahkan untuk memasukkan kembali kata sandi
  4. Klik tombol yang bertuliskan “Hapus (nama akun Anda)”

Cara Hapus dan Restore Akun InstagramSoffya Ranti Cara Hapus dan Restore Akun Instagram

Pada halaman penghapusan akun, data-data Anda tidak akan langsung terhapus langsung. Namun profil dan postingan pada akun Anda akan disembunyikan sementara oleh Instagram selama 30 hari. Dalam artian, akun Anda akan baru terhapus secara permanen setelah 30 hari sejak permintaan penghapusan akun.

Baca juga: Berapa Lama Buka Instagram dalam Sehari, Begini Cara Ceknya

Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk menghapus akun Instagram, sebaiknya aplikasi ikut dihapus agar tidak berpotensi untuk mendaftar akun Instagram kembali.

Cara kembalikan akun Instagram yang dihapus

Perlu diingat bahwa Anda tidak akan bisa mengembalikan akun Instagram Anda jika sudah melebihi 30 hari maka dari itu sebelum menghapusnya secara permanen, yakinkan bahwa Anda benar-benar akan menghapus akun Instagram atau berpotensi akan mengembalikannya.

Jika dalam jangka waktu 30 hari Anda akan berubah pikiran dan mengembalikan akun Instagram, usahakan untuk menekan tombol “Keep Account” atau “Simpan Akun/Biarkan Akun”, seperti gambar di bawah ini.

Cara Hapus dan Restore Akun InstagramSoffya Ranti Cara Hapus dan Restore Akun Instagram


Cara menonaktifkan akun Instagram sementara

Seperti menghapus akun Instagram permanen, hapus akun Instagram sementara juga hanya bisa dilakukan via browser di laman berikut. Berikut caranya:

  1. Log in pada akun Instagram Anda.
  2. Pilih alasan mengapa Anda menonaktifkan akun Anda.
  3. Kemudian masukkan kembali kata sandi akun Instagram Anda.
  4. Klik “Akun Dinonaktifkan Sementara”.

Cara Hapus dan Restore Akun InstagramSoffya Ranti Cara Hapus dan Restore Akun Instagram

Baca juga: Cara Menyembunyikan Instagram Stories dan Feed Pengguna Lain

Untuk mengaktifkan akun Instagram Anda kembali cukup mudah, Anda perlu masuk ke laman Instagram.com dan isi username dan password seperti sedia kala. Mudah bukan? Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com