Update Telegram, Ada Fitur Anti-Screenshot hingga Hapus Chat di Tanggal Spesifik

Kompas.com - 09/12/2021, 08:53 WIB

KOMPAS.com - Telegram kembali menggulirkan sejumlah fitur-fitur di aplikasinya. Tujuannya tak lain ialah untuk memperkaya pengalaman pengguna ketika berkirim pesan instan di Telegram.

Dalam pembaruan (update) kali ini, ada sejumlah fitur baru yang dirilis termasuk fitur menghapus pesan (chat) berdasarkan tanggal tertentu, fitur login melalui panggilan telepon, serta text recognition untuk iOS 13 ke atas.

Di samping itu, salah satu fitur menarik dalam update kali ini ialah hadirnya fitur bernama protected content yang hadir di grup atau channel Telegram.

Baca juga: Cara agar Tidak Dimasukkan ke Grup Telegram Tanpa Izin

Chat Anti-Screenshot

Sesuai namanya, protected content memungkinkan pemilik grup atau channel Telegram untuk melindungi konten, baik itu chat, foto, video, dan lainnya, yang dikirimkannya ke ruang obrolannya grup atau channel.

Dilindungi di sini maksudnya ialah konten yang dikirim tidak akan bisa diteruskan (forward), disimpan (save), disalin (copy), dan diambil tangakapan layarnya (screenshot).

Dengan kata lain, protected content memungkinkan seluruh isi chat hanya terbatas dapat dilihat dan dinikmati oleh anggota grup atau channel, tidak bisa dibagikan ke luar grup. Akan tetapi, fitur protected content ini tidak bisa melindungi konten apabila Tentunya, ini pengguna mengakalinya dengan memotret isi konten dengan ponsel yang berbeda.

Fitur baru protected content di Telegram.Blog Telegram Fitur baru protected content di Telegram.
Untuk mengaktifkan fitur protected content, pengguna tinggal mengikuti panduan di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram
  • Buka grup/channel Telegram yang kontennya ingin dilindungi
  • Klik nama grup/channel untuk membuka laman info
  • Klik ikon "pensil" (edit) di sisi atas layar
  • Klik opsi "Group Type"
  • Lalu di pilihan "Saving content", geser tombol toggle "Restrict saving content" ke arah on
  • Terakhir, klik ikon "centang" di sudut kanan atas layar untuk menyimpan pengaturan yang baru

Baca juga: 7 Fitur Telegram yang Jarang Diketahui dan Cara Menggunakannya

Dengan begitu, secara otomatis, konten yang dibagikan dalam ruang obrolan grup atau channel tidak bisa forward, save, copy, dan screenshot.

Untuk chat pribadi (bukan grup atau channel), pengguna Telegram bisa memanfaatkan fitur Secret Chat untuk melindungi pesan. Seperti protected content, percakapan di secret chat juga tidak bisa di-forward, terlindungi enkripsi, tidak bisa screenshot, dan akan terhapus setelah sesi secret chat diakhiri.

Hapus chat berdasarkan tanggal

Fitur baru yang dirilis Telegram dalam pembaruan ini adalah delete by date, yakni kemampuan menghapus banyak pesan sekaligus berdasarkan tanggal.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.