Qualcomm Rilis 2 Chip Baru untuk PC dan Laptop Windows

Kompas.com - 09/12/2021, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Selain dipakai untuk memperkenalkan chipset terkuatnya Snapdragon 8 Gen 1 untuk smartphone kelas atas, ajang Snapdragon Tech Summit juga digunakan Qualcomm untuk menguak dua chip terbarunya untuk segmen PC dan laptop.

Mereka adalah Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c Plus Gen 3. Secara berurutan, kedua chip tersebut merupakan suksesor dari Snapdragon 8cx Gen 2 yang meluncur September 2020 lalu dan Snapdragon 7c Gen 2 yang diperkenalkan Mei 2021.

Kedua chip ini juga menyasar target pasar berbeda. Snapdragon 8cx Gen 3 ditujukan untuk PC atau laptop konvensional di beragam kelas produk yang biasa dipasangi dengan sistem operasi (OS) Windows.

Baca juga: Ancaman di Balik Ponsel yang Pakai Qualcomm Snadragon 8 Gen 1

Sementara itu, Snapdragon 7c Plus Gen 3 hadir untuk menunjang performa berbagai PC dan laptop ber-OS Windows berspesifikasi rendah, atau yang menyasar segmen entry-level.

Lantas, bagaimana performa kedua chip terbaru Qualcomm untuk kategori PC dan laptop ini?

Snapdragon 8cx Gen 3

Ilustrasi Snapdragon 8cx Gen 3.TheVerge Ilustrasi Snapdragon 8cx Gen 3.

Baca juga: Daftar Ponsel Android yang Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Snapdragon 8cx Gen 3 diklaim merupakan chip pertama untuk PC Windows yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm.

Dibanding pendahulunya, Qualcomm menjanjikan peningkatan performa prosesor (CPU) hingga 85 persen, serta peningkatan pengolah grafis (GPU) hingga 60 persen.

Qualcomm juga mengklaim Snapdragon 8cx Gen 3 lebih tangguh dibanding produk buatan kompetitor di segmen yang sama, di mana mereka mengklaim chip teranyar ini memiliki performance per watt 60 persen lebih mumpuni.

Selain performa, Qualcomm turut menekankan bahwa chip terbarunya ini memiliki dukungan konektivitas 5G yang cukup lengkap, di mana vendor perakit komputer (OEM) bisa memilih chip modem yang menyertai Snapdragon 8cx Gen 3, mulai dari Snapdragon X55, X62, atau X65 5G.

Baca juga: 6 Hal tentang Snapdragon 8 Gen 1, Chip Terbaru Qualcomm yang Meluncur Hari Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.