6 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Ponsel Android "Mahal"

Kompas.com - 09/12/2021, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Pengguna ponsel Android kelas atas alias flagship, pasti sudah menunggu-nunggu kehadiran ponsel yang bakal diotaki oleh Snapdragon 8 Gen 1, chipset tercanggih baru dari Qualcomm.

Chipset tersebut merupakan penerus dari chipset Snapdragon 888 yang sering disematkan pada deretan ponsel flagship Android di tahun 2021. Umumnya, ponsel flagship dibanderol dengan harga tinggi karena menawarkan spesifikasi yang tinggi pula.

Beberapa vendor smartphone, mulai dari Xiaomi, Oppo, Realme, Motorola, Honor, Vivo hingga ZTE dan Sony dilaporkan bersiap menanamkan Snapdragon 8 Gen 1 pada ponsel flagship mereka masing-masing. Rencananya, deretan ponsel kelas atas itu bakal dirilis pada tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Sebagai suksesor, chipset Snapdragon 8 Gen 1 membawa sejumlah fitur unggulan baru yang nantinya bakal bisa dinikmati oleh pengguna ponsel flagship Android di tahun 2022. Apa saja?

Berikut KompasTekno rangkumkan enam fitur menarik dari Snapdragon 8 Gen 1 yang bakal disematkan pada ponsel flagship Android di tahun 2022, sebagaimana dihimpun dari TrustedReviews, Rabu (8/12/2021).

1. Always-on camera

Salah satu fitur menarik yang dibawa chipset Snapdragon 8 Gen 1 ialah pada aspek kamera. Kali ini, Qualcomm membekali chipset teratasnya dengan prosesor pengolahan gambar (ISP) "Always-On", sebuah sensor penginderaan yang selalu aktif (always-on sensor) untuk keperluan membuka kunci ponsel secara otomatis dan layar anti-intip.

Fitur kamera Always-On di Snapdragon 8 Gen 1 ini untuk mempermudah pengguna ketika membuka kunci ponsel menggunakan teknologi pendeteksi wajah (face unlock).

Dengan fitur ini, pengguna tak perlu lagi repot-repot mengetuk layar atau mengambil ponsel untuk membuka kunci ponselnya. Sebab, fitur kamera Always-On bakal secara aktif mendeteksi wajah pengguna.

Saat wajah terdeteksi, kunci ponsel akan otomatis terbuka. Sebaliknya, saat wajah pengguna tidak terdeteksi, maka ponsel akan terkunci lagi.

Karena selalu melacak wajah pengguna, fitur kamera Always-On juga bisa mendeteksi wajah orang asing yang mungkin sedang mengintip ponsel pengguna. Di sinilah bedanya fitur kamera Always-On dengan Face Unlock pada umumnya.

Saat wajah orang lain terdeteksi, fitur kamera Always-On di chipset Snapdragon 8 Gen 1 dapat secara otomatis mengunci ponsel atau menyembunyikan notifikasi agar tidak ditampilkan di layar. Jadi, orang asing tidak dapat melihat layar ponsel pengguna.

Meski terbilang menarik, fitur kamera Always-On ini juga turut memantik rasa khawatir pengguna.

Baca juga: Ancaman di Balik Ponsel yang Pakai Qualcomm Snadragon 8 Gen 1

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.