Kompas.com - 10/12/2021, 11:14 WIB

KOMPAS.com - Windows 11 kembali dilaporkan bermasalah. Laporan terbaru menyebut bahwa kinerja SSD jenis NVMe berjalan lebih lambat ketika dipasang di PC dengan sistem operasi terbaru besutan Microsoft itu.

Masalah ini terungkap dari sejumlah thread (utas) di forum diskusi online Reddit dan di forum dukungan Microsoft. Perlu diketahui, laporan soal SSD yang lemot di Windows 11 ini sudah muncul saat Windows 11 masih berupa pratinjau (preview).

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari XDA-Developer, Jumat (9/12/2021), salah seorang pengguna Reddit dengan ID MahtiDruidi melaporkan bahwa SSD NVMe miliknya berjalan lebih lambat di sistem dengan OS Windows 11.

Baca juga: Microsoft Umumkan Windows 11 SE, Apa Bedanya dengan Windows 11 Biasa?

Laporan itu diperkuat dengan data hasil benchmark SSD CrystalDiskMark dan AS-SSD, di mana terdapat perbedaan kecepatan yang cukup signifikan pada SSD NVMe merek yang sama (Samsung 980 Pro NVMe 1TB), di sistem operasi yang berbeda (Windows 10 dan Windows 11).

Pada Windows 10, dengan menggunakan benchmark AS-SSD, skor yang didapat adalah 5127. Sedangkan saat SSD tersebut diuji di Windows 11, skornya lebih sedikit, yaitu 4378. Skor benchmark lebih tinggi menunjukkan kinerja yang lebih baik.

Perbedaan skor benchmark yang mencolok itu khususnya datang dari kinerja penulisan data acak dari SSD NVMe. Penulisan data pada SSD NVMe di Windows 10 berjalan lebih cepat dibandingkan dengan di Windows 11.

Bukan SSD yang bermasalah

Hingga kini, belum ada klarifikasi resmi dari Microsoft. Pengguna masih menduga-duga penyebab melambatnya kinerja SSD NVMe di Windows 11.

Selain dari pengguna di Reddit, laporan yang sama juga muncul di forum dukungan Microsoft. Pengguna dengan ID PleasedPen25317  menguji kinerja SSD NVMe dengan cara yang berbeda.

Ia mencoba menguji kinerja 2 SSD NVMe dengan merek sama (Samsung 980 Pro NVMe 2TB), pada Windows 11, di satu perangkat yang sama. Tapi, satu SSD digunakan sebagai tempat instalasi Windows 11, sedangkan yang lain digunakan sebagai penyimpanan sekunder.

Baca juga: Sony Buka Kunci Slot SSD M.2 di PS5, Bisa Tambah Kapasitas Penyimpanan Game

Dalam pengujiannya, ia menggunakan benchmark CrystalDiskMark. Hasilnya cukup mengejutkan. Pada SSD yang digunakan untuk instalasi Windows 11, kinerja lebih lambat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.