Alexa, Situs Pemeringkat Website Ditutup Mei 2022

Kompas.com - 10/12/2021, 12:30 WIB
Alexa.com, situs pemeringkat website di dunia bakal ditutup pada 1 Mei 2022. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoAlexa.com, situs pemeringkat website di dunia bakal ditutup pada 1 Mei 2022.

KOMPAS.com - Selamat tinggal Alexa.

Selama ini, anak perusahaan Amazon, Alexa Internet dikenal sebagai perusahaan penyedia tools analitik dari jutaan website di dunia. Salah satunya melalui Alexa Rank, sebuah daftar peringkat popularitas situs web di dunia.

Daftar Alexa Rank yang bisa diakses melalui URL Alexa.com itu, kerap digunakan sebagai referensi atau insight kinerja website oleh berbagai pihak, seperti pengelola website, market, hingga media.

Namun, baru-baru ini, Alexa mengumumkan akan menutup situs dan layanannya pada Mei 2022 mendatang. Hal ini terungkap dalam sebuah posting di blog resmi Alexa.

Baca juga: Google Tutup Layanan Penyingkat Alamat Situs Web

"Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami mengambil keputusan berat untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022," kata Tim Alexa.com, dikutip KompasTekno, Jumat (10/12/2021).

Tim Alexa tidak merinci alasan penutupan situs Alexa.com tersebut. Di akhir pengumumannya, Tim Alexa hanya menyampaikan rasa terima kasih kepada pengguna setianya, karena telah menjadikan situsnya sebagai sumber daya untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan lainnya.

Terkait penutupan situs Alexa.com, Tim Alexa juga mengumumkan bahwa pihaknya tidak lagi menawarkan layanan berlangganan yang baru mulai 8 Desember 2021.

"Namun, pengguna langganan yang sudah ada tetap memiliki akses ke langganannya hingga 1 Mei 2022," kata Tim Alexa.

Baca juga: Apa Itu Situs Web dan Berapa Jumlahnya Saat Ini?

Sebelum benar-benar ditutup, Tim Alexa mengungkapkan bahwa pengguna berbayar dapat mengekspor data dan menghapus akun mereka.

Sejarah Alexa.com

Sedikit tentang Alexa Internet, situs ini sendiri pertama kali berdiri pada 1996 atau 25 tahun yang lalu. Tiga tahun setelah berdiri, tepatnya pada 1999, Alexa Internet dibeli oleh Amazon.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.