Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Pertama Ber-chip Snapdragon 8 Gen 1 Meluncur, Bukan Xiaomi 12

Kompas.com - 10/12/2021, 13:04 WIB

KOMPAS.com - Awal Desember ini, pabrikan chip Qualcomm mengumumkan Snapdragon 8 Gen 1, chipset kelas atas perusahaan yang akan digunakan di berbagai ponsel flagship di tahun 2022.

Tak berselang lama, Xiaomi mengklaim bahwa calon ponsel flagship miliknya, Xiaomi 12 Series bakal menjadi ponsel pertama yang ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1. Namun, pada kenyataannya tidak demikian.

Smartphone pertama yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1 justru berasal dari Motorola, vendor smartphone yang telah diakuisisi oleh Lenovo pada 2014.

Motorola resmi meluncurkan ponsel flagship Moto Edge X30 5G dengan chip Snapdragon 8 Gen 1 di China, pada Kamis (9/12/2021) lalu.

Baca juga: Daftar Ponsel Android yang Pertama Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Ponsel ini hadir dalam dua model, yaitu Moto Edge X30 versi "reguler" dan Moto Edge X30 edisi spesial, dengan kamera selfie di bawah layar (under-display camera). Di samping kamera selfie, spesifikasi dua ponsel Moto Edge X30 ini identik.

Spesifikasi Moto Edge X30

Motorola Moto Edge X30GizmoChina Motorola Moto Edge X30
Ponsel flagship ini memiliki beberapa nilai jual utama. Salah satu tentu adalah chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Chipset Snapdrgon 8 Gen 1 pada ponsel Moto Edge X30 dapat menghadirkan kinerja hingga 20 persen lebih baik dan efisiensi daya hingga 30 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Di samping itu, chipset ini juga membawa fitur-fitur baru, seperti adanya audio lossless, perekaman video hingga 8K, always-on camera, dan lainnya.

Dari segi desain, Moto Edge X30 versi reguler maupun edisi kamera di bawah layar mengusung layar dengan panel OLED berukuran 6,7 inci.

Layar tersebut mendukung resolusi Full HD Plus (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 144 Hz, serta touch sampling rate hingga 576 Hz.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.