Kompas.com - 10/12/2021, 15:23 WIB

KOMPAS.com - Instagram dipastikan bakal mengembalikan algoritma linimasa seperti semula, di mana pengguna bisa melihat posting secara kronologis atau urut berdasar waktu.

Hal itu dilontarkan oleh Head of Instagram, Adam Mosseri saat dengar pendapat dengan senat AS.

"Kami sedang membuat versi feed kronologis yang semoga bisa dirilis tahun depan, pada kuartal pertama 2022," kata Mosseri dikutip KompasTekno dari The Next Web, Jumat (10/12/2021).

Melalui sebuah posting di Twitter, Instagram juga menegaskan algoritma yang baru ini tidak mengusung menggunakan mekanisme lawas, melainkan disalurkan melalui fitur baru.

Baca juga: Facebook dan Instagram Rilis Fitur Mirip Spotify Wrapped

"Kami ingin memperjelas bahwa kami sedang membuat opsi baru, tidak mengalihkan semua orang kembali ke feed kronologis," tulis pihak Instagram.

Dalam kesempatan yang sama, Instagram turut menyampaikan bahwa pihaknya telah menguji coba fitur "Favorites".

Sesuai dengan namanya, fitur ini diklaim mampu menampilkan postingan Instagram feed berdasarkan orang-orang atau akun teman terdekat yang dipilih oleh pengguna.

"Kami telah bereksperimen dengan Favorit, cara bagi Anda untuk memutuskan pos siapa yang ingin Anda lihat lebih tinggi, dan kami sedang mengerjakan opsi lain untuk melihat pos dari orang yang Anda ikuti dalam urutan kronologis," tulis Instagram.

Meski tanggal peluncurannya belum jelas, Head of Instagram, Adam Mosseri menyebut bahwa perubahan ini akan mulai diumumkan setidaknya hingga awal tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Urutan Linimasa Twitter Android Kini Bisa Dipilih, Terbaru atau Terpopuler

Instagram pada mulanya memang menyajikan posting dari urutan terbaru. Namun pada 2016 lalu, jejaring sosial berbagi foto dan video itu memutuskan untuk menerapkan algoritma baru.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Engadget
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.