Kuota Kemendikbud Desember Cair Minggu Ini, Simak Besaran dan Cara Ceknya

Kompas.com - 11/12/2021, 10:03 WIB
Seorang siswa belajar di rumah melalui aplikasi media sosial pada masa tanggap darurat di Gorontalo. Sebagian siswa lain terkendala tidak memiliki telepon seluler dan tidak ada akses internet. KOMPAS.COM/ROSYID A AZHARSeorang siswa belajar di rumah melalui aplikasi media sosial pada masa tanggap darurat di Gorontalo. Sebagian siswa lain terkendala tidak memiliki telepon seluler dan tidak ada akses internet.

KOMPAS.com - Internet menjadi kebutuhan yang tak dapat terpisahkan. Terlebih lagi pandemi Covid-19 membuat segala kegiatan mulai dari proses pembelajaran hingga pekerjaan harus dilakukan di rumah dan membutuhkan akses internet untuk menunjang kelancaran dalam berkomunikasi. 

Hal tersebut membuat banyak orang yang merasakan kebutuhan internet semakin banyak sehingga anggaran pengeluaran pun cukup membengkak.

Mengatasi hal ini Pemerintah melalui Kementerian, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi “Kemendikbud Ristek” memberikan bantuan kuota internet gratis sejak Maret 2021 lalu.

Pemberian bantuan kuota internet gratis yang disalurkan khusus pelajar di Indonesia tentu bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19.

Baca juga: 15 Negara dengan Internet 5G Tercepat di Dunia

Bantuan kuota internet tersebut sebenarnya hanya diberikan hingga November 2021 saja. Namun menurut Kepala Biro Perencanaan Kemendikbud Ristek, M. Samsuri, kuota internet Kemendikbud Ristek masih akan diberikan hingga Desember 2021.

Bantuan kuota data internet Kemendikbud periode Desember 2021Kemendikbud Bantuan kuota data internet Kemendikbud periode Desember 2021

“Iya sampai dengan Desember masih ada.” kata Samsuri kepada Kompas.com, Rabu (8/12/2021). Samsuri juga menambahkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Komite PEN mengenai bantuan kuota internet tersebut.

Adapun kuota internet pada Desember ini cair seperti pada tanggal-tanggal sebelumnya yaitu sekitar tanggal 11 sampai 15 Desember 2021.

Baca juga: Cara Cek Kuota Internet Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren

Namun, terdapat perbedaan dalam penyaluran kuota internet bulan Desember ini yaitu adanya pengurangan besaran kuota yang berbeda dari sebelumnya.

Berikut ini rincian besaran kuota internet Kemendikbud Ristek bulan Desember

  • Siswa PAUD sebelumnya menerima 7GB per bulan sekarang menjadi 3GB per bulan
  • Siswa SD, SMP, dan SMA sebelumnya menerima 10 GB per bulan sekarang menjadi 4GB per bulan
  • Pendidik PAUD, SD, dan SMA sebelumnya menerima 12GB per bulan sekarang menjadi 5GB per bulan
  • Mahasiswa dan dosen sebelumnya menerima 15GB per bulan sekarang menjadi 5GB per bulan

Cara Cek Kuota Kemendikbud

Berikut ini beberapa cara pengecekan kuota Kemendikbud berdasarkan provider masing-masing. 

  • Untuk Anda yang menggunakan Telkomsel Anda dapat mengakses menggunakan kode USSD *888#, aplikasi MyTelkomsel, atau melalui SMS dari Telkomsel
  • Untuk provider Indosat, Anda dapat mengakses kode USSD *123*075# kemudian pilih nomor 1, atau melalui aplikasi myIM3
  • Untuk Anda yang menggunakan Tri dapat menghubungi nomor USSD *123*10*3# atau aplikasi Bima+
  • Untuk provider XL dan Axis Anda dapat menghubungi nomor USSD *123#, lalu pilih info atau aplikasi myXL dan AxisNet

Kuota Kemendikbud juga merupakan kuota umum yang berarti dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi.

Baca juga: Jadwal Penyaluran Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 dari Telkomsel

Seperti bulan-bulan sebelumnya, bantuan kuota ini disalurkan pada nomor ponsel yang sudah diverifikasi dan divalidasi.

Perlu diketahui paket kuota internet Kemendikbud memiliki masa aktif 30 hari sejak diterima dan jika memiliki sisa kuota sebelumnya, kuota tersebut akan hangus dan tidak dapat diakumulasikan di bulan selanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.