Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Siapkan "Escape2021", Acara Interaktif Pengganti "Rewind"

Kompas.com - 12/12/2021, 09:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Adweek

KOMPAS.com - Pada Oktober lalu, YouTube mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak akan lagi menayangkan YouTube Rewind.

YouTube Rewind sendiri boleh dibilang sudah menjadi tradisi perayaan akhir tahun di YouTube sejak tahun 2011. Melalui Rewind, YouTube menyuguhkan sebuah video kompilasi berisi hal-hal yang menjadi tren di seluruh dunia selama setahun terakhir.

Meski YouTube Rewind dihentikan, tradisi perayaan akhir tahun di YouTube tak serta merta hilang. YouTube diketahui telah menyiapkan sebuah acara live streaming bernama Escape2021, sebagai pengganti YouTube Rewind.

Baca juga: YouTube Rewind, 2018 Cetak Rekor Dislike dan Tahun Ini Resmi Dihentikan

Live streaming YouTube Escape2021 ini bakal disiarkan pada 16 Desember 2021. Lantas apa itu YouTube Escape2021?

Pantauan KompasTekno, Jumat (10/12/2021), video trailer terkait acara Escape2021 ini sudah diunggah YouTube di saluran resmi YouTube miliknya baru-baru ini.

Dalam video trailer berdurasi sekitar 1 menit 49 detik, hanya ada sebuah gambar dengan setting meja belajar dan seekor kucing di jendela. Setting tersebut merupakan ciri khas dari salah satu video YouTube milik channel LoFi Girl, yang berjudul "lofi hip hop radio - beats to relax/study to".

Selain gambar tersebut, tak ada gambaran kegiatan atau hal lain yang menjadi petunjuk, apa yang akan dilakukan dalam acara live streaming Escape2021 tersebut.

Baca juga: Program YouTube Rewind Dipastikan Absen Tahun Ini

Namun dalam deskripsi video, YouTube mengungkapkan bahwa siaran langsung Escape2021 akan berlangsung pada Kamis (16/12/2021) mendatang.

"Pada tanggal 16 Desember, bergabunglah secara LIVE dalam ESCAPE2021, siaran langsung khusus yang menampilkan tantangan dan pengalaman interaktif selama setahun terakhir," tulis YouTube.

YouTube Escape2021.YouTube via Adweek YouTube Escape2021.
Di samping itu, YouTube sedikit menjelaskan bagaimana cara Escape2021 bekerja. Nantinya, YouTube Escape2021 akan disiarkan secara langsung menjadi tiga bab, yakni bab 1, bab 2, dan bab 3. Masing-masing bab akan disiarkan dalam jadwal yang sudah ditentukan oleh YouTube.

Setiap bab dalam siaran langsung Escape2021 bersifat unik alias berbeda dari bab lainnya. Penonton pun bisa mengikuti live streaming dan bermain di salah satu atau seluruh bab.

YouTube mengatakan, pada bab terakhir di live streaming Escape2021 akan ada kejutan dari YouTube. Tidak dijelaskan lebih lanjut apa isi kejutan yang disiapkan YouTube.

Dilaporkan Adweek, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (10/12/2021), Escape2021 bakal mengajak penonton untuk memecahkan tantangan dan menjawab pertanyaan trivia secara langsung melalui fitur live chat.

Baca juga: YouTube Music 2021Recap Bisa Dicoba di Indonesia, Ada Playlist 100 Lagu Favorit

Ada beberapa talent yang bakal ikut ditampilkan selama tiga bab live streaming Escape2021. Mulai dari BTS, Doja Cat, Hydraulic Press Channel, Jelle’s Marble Runs, Harry Mack, Masked Wolf, MuselK, Samay Raina, Dan Rhodes, Mark Rober and SeanDoesMagic.

Ketika penonton sudah menyelesaikan semua tantangan di tiga bab, mereka akan dapat menonton pertunjukan musik dari tamu misterius.

Halaman:
Sumber Adweek


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com