Cara Video Call WhatsApp dari Laptop atau PC

Kompas.com - 12/12/2021, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Sekitar Februari 2021, WhatsApp resmi meluncurkan fitur WhatsApp Call dan video call untuk aplikasi WhatsApp versi desktop (PC laptop atau desktop). Untuk diketahui, WhatsApp versi desktop berbeda dengan WhatsApp web.

WhatsApp versi dekstop adalah aplikasi tersendiri yang harus diinstall di PC. Sementara WhatsApp web adalah aplikasi WhatsApp yang dibuka menggunakan browser PC, seperti Chrome, Firefox, dsb.

WhatsApp versi desktop bisa diunduh di situs resmi WhatsApp, dan mendukung dua sistem operasi PC populer, yakni Windows dan MacOS.

Baca juga: Update Fitur Pesan Sementara WhatsApp, Lebih Mudah, Cepat, Sekaligus Lama

Dengan fitur WhatsApp call dan WhatsApp video call di aplikasi WhatsApp desktop, maka pengguna tidak perlu lagi membuka handphone untuk melakukan panggilan WhatsApp, misal saat sedang bekerja menggunakan laptop.

Cara Video Call WhatsApp di laptop

Nah, bagaimana cara video call WhatsApp di Laptop atau PC? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, sebagai berikut.

  • Pastikan laptop Anda memiliki sistem operasi (Mac/Windows) yang terbaru. Pantauan KompasTekno di situs resmi WhatsApp, untuk Windows minimal adalah Windows 8 atau yang lebih tinggi. Sedangkan MacOS minimal seri OS X Yosemite atau yang lebih tinggi.
  • Pastikan bahwa mikrofon dan kamera laptop dapat berfungsi dengan normal. Panggilan WhatsApp di laptop membutuhkan izin akses ke kedua perangkat tersebut.
  • Pastikan laptop dan handphone Anda tersambung dengan internet.

WhatsApp versi desktop memiliki tombol untuk melakukan panggilan yang berada di pojok kanan atas pada kolom chat dari kontak.

Baca juga: Diperbarui, Gmail Dapat Fitur Voice dan Video Call

Untuk bisa memulai video call  WhatsApp dan video call WhatsApp di laptop, begini cara lengkapnya.

  1. Unduh aplikasi WhatsApp desktop untuk Mac/Windows di tautan berikut ini.
  2. Install WhatsApp desktop
  3. Buka WhatsApp desktop

Ketika pertama kali membuka aplikasi WhatsApp desktop, Anda akan diminta untuk melakukan pemindaian QR code menggunakan kamera dan aplikasi WhatsApp yang ada di handphone.

Setelah berhasil, Anda dapat mulai mencoba untuk melakukan panggilan telepon atau video call dengan memilih kontak yang dituju. Kemudian, anda akan disajikan dengan tampilan kolom chat.

Sementara itu, tombol panggilan telepon atau video terletak pada pojok kanan bagian atas kolom chat. Lalu, Anda hanya perlu menekan tombol tersebut.

Cara panggilan Whatsapp di laptop Cara panggilan Whatsapp di laptop

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.