Harbolnas 12.12, Ini 10 Tips Berbelanja Online dengan Aman dan Nyaman

Kompas.com - 12/12/2021, 13:10 WIB
Ilustrasi belanja online Dok. FreepikIlustrasi belanja online

KOMPAS.com - Ajang Hari Belanja Online (Harbolnas) dimulai hari ini, Minggu (12/12/2021). Dalam gelaran yang juga biasa disebut "12.12" itu, banyak platform e-commerce yang menghadirkan beragam promo dan voucher diskon menggiurkan demi menarik minat pembeli.

Meski demikian, Anda sejatinya harus tetap berhati-hati. Sebab, ada banyak hal yang membuat pengalaman belanja online tidak nyaman.

Dari sisi penjual, misalnya, tak sedikit ada yang "nakal" dan menaikkan lebih dulu harga asli berkali-kali lipat sebelum memberikan diskon. Agar nantinya, harga setelah diskon terlihat lebih murah.

Lantas, apa saja tips lainnya yang perlu diketahui apabila Anda ingin berbelanja online, atau lebih spesifik mengikuti momen Harbolnas 12.12 dengan aman dan nyaman?

Simak informasinya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Webroot.com, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Sejarah Harbolnas 12.12, Momen Belanja Online yang Tak Lagi Spesial

1. Pastikan pakai koneksi internet yang aman

Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang aman ketika hendak berbelanja di platform e-commerce.

Kategori internet yang aman bisa dibilang adalah koneksi data atau WiFi di rumah sendiri, atau jaringan hotspot yang telah dilindungi sistem enkripsi atau aplikasi anti-virus.

Penggunaan koneksi internet yang aman ini tentunya bertujuan untuk menghindari berbagai risiko yang bisa timbul melalui berbagai celah keamanan di internet.

Selain itu, hindari berbelanja melalui koneksi internet dari WiFi di tempat umum. Sebab, kita tidak tahu apakah WiFi tersebut aman atau tidak.

2. Ketahui reputasi penjual

Supaya suasana hati tetap aman sentosa, lakukan pengecekan terhadap pedagang yang menjual barang yang hendak Anda beli.

Pada sejumlah platform e-commerce, beberapa penjual terpercaya biasanya ditandai dengan ikon atau label unik yang sudah didesain sedemikian rupa.

Di Tokopedia, misalnya, penjual resmi biasanya ditandai dengan ikon "centang" berwarna ungu. Sementara itu di Shopee, toko resmi ditandai dengan label "Shopee Mall".

Baca juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit untuk Belanja Online secara Aman

3. Hindari harga dan diskon tak masuk akal

Sebisa mungkin, hindari barang yang memiliki harga atau potongan diskon yang tidak masuk akal ketika Anda mengikuti Harbolnas 12.12, atau berbelanja online pada umumnya.

Sebab, beberapa barang mungkin saja palsu dan penjual bisa jadi hanya ingin memanfaatkan informasi pribadi macam alamat dan nomor telepon Anda saja.

Untuk menghindari fenomena ini, Anda bisa melihat nilai (rating) atau ulasan (review) barang yang hendak dibeli, apakah bagus atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber webroot
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.