Begini Cara Tepat Mengeringkan iPhone yang Basah

Kompas.com - 12/12/2021, 14:04 WIB
Ilustrasi iPhone SE generasi kedua. John Kim/CNET.comIlustrasi iPhone SE generasi kedua.
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Smartphone kini menjadi perangkat yang tak dapat terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak hanya sebagai alat komunikasi, smartphone dengan berbagai merek dan tipenya kini semakin canggih dengan beragam fitur.

Salah satu smartphone yang banyak digunakan adalah iPhone. Smartphone buatan Apple ini populer selain karena mudah digunakan, value dari ponsel ini juga tinggi.

Karena sudah menjadi bagian dari kehidupan dan digunakan untuk beraktivitas, smartphone, termasuk iPhone, tidak luput dari risiko kerusakan. Penyebabnya bisa karena berbagai hal, salah satunya karena basah terkena air.

Pengguna bisa saja tidak sengaja menumpahkan cairan seperti kopi atau air putih dan mengenai iPhone yang tengah digunakan, atau bahkan iPhone terkena air hujan saat berada di dalam saku pakaian.

Baca juga: Evolusi Ponsel dari Masa ke Masa, dari Bentuk Batu Bata hingga Layar Lipat

Hal tersebut pasti membuat pengguna sedikit panik dan khawatir perangkat iPhone Anda mengalami kerusakan.

Beberapa dari orang-orang cukup panik hingga bingung bagaimana cara penanganan pertama untuk mengatasinya.

Nah, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi iPhone yang basah, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Minggu (12/12/2021).

Bersihkan bagian yang basah

Perlu diingat, hal pertama yang harus diperhatikan saat iPhone basah adalah matikan ponsel Anda dan hindari untuk mengisi baterai. Jika iPhone saat itu sedang terhubung dengan kabel pengisi daya, segera cabut.

Saat iPhone Anda terciprat beberapa cairan dari minuman seperti teh, kopi, atau soda, cobalah untuk membasuhnya sedikit menggunakan air pada bagian yang terkena basah saja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.