Cara Hapus Akun Google Secara Permanen

Kompas.com - 12/12/2021, 16:16 WIB
Cara Hapus Akun Google How to GeekCara Hapus Akun Google

KOMPAS.com - Pengguna Android pasti sudah familiar dengan Akun Google (Google Account). Akun ini merupakan "modal" untuk mengakses ponsel Android. Selain itu,  Akun Google juga digunakan untuk mengakses berbagai fitur Google seperti Gmail, Google Sheets, Google Keep, Google Slide, dan banyak fitur Google lainnya.

Tidak jarang, pengguna memiliki lebih dari satu Akun Google dengan fungsi yang berbeda. Misalnya, untuk keperluan komunikasi pribadi, pekerjaa, sekolah, dan sebagainya.

Terkadang, beberapa pengguna ingin menghapus salah satu atau bahkan seluruh Akun Google-nya dengan alasan tertentu. Misalnya saja karena ingin mengubah akun, alasan keamanan dan privasi, atau alasan lainnya.

Baca juga: Amankan Akun Google, Rajin-rajin Cek Halaman Ini

Perlu diketahui jika pengguna sudah yakin akan menghapus Akun Google miliknya, ia tidak akan bisa mengakses data-data yang telah tersimpan dan berbagai fitur yang telah terintegrasi Google. Pengguna juga tidak bisa mengembalikan akun yang sudah dihapus.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum menghapus Akun Google, pengguna dapat melakukan back up (cadangkan) berbagai data yang terhubung dengan akun Google.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus akun Google secara permanen yang KompasTekno rangkum dari How to Geek, Minggu (12/12/2021).

  1. Buka akun Google di browser (peramban) Anda
  2. Masuk/sign in dengan memasukan alamat e-mail dan password Anda seperti biasanya
  3. Klik profil Google Anda kemudian pilih “Kelola Akun Google Anda”
  4. Pada menu sebelah kiri pilih “Data dan Privasi”
  5. Scroll sampai ke bawah dan pilih “Menghapus Akun Google Anda”
  6. Setelahnya Anda akan disarankan untuk mengetikkan password akun Google Anda
  7. Kemudian klik “Lanjutkan”

Baca juga: Mulai Sekarang, Sering-sering Buka Akun Google agar File Tidak Dihapus

Cara Hapus Akun Google Secara PermanenSoffya Ranti Cara Hapus Akun Google Secara Permanen

Setelahnya Anda akan dihadapkan dengan halaman “Menghapus Akun Google Anda”. Di sini Anda akan diberikan beberapa informasi tentang penghapusan akun Anda dan beberapa data yang masih terintegrasi dengan Akun Google Anda tersebut.

Anda juga akan menemukan tautan untuk mengunduh data sebelum dihapus. Setelah yakin untuk menghapus akun Google Anda, scroll (gulir) ke bawah.

Baca juga: Begini Cara Menambah Ruang Penyimpanan di Akun Google

Kemudian, centang kedua kotak konfirmasi penghapusan akun, lalu akhiri proses dengan klik "hapus akun". Setelah itu, Akun Google Anda akan terhapus secara permanen

Namun, jika Anda berubah pikiran dan ingin mencoba mengembalikan akun Google Anda, klik “Account Support/Dukungan Akun” dan ikuti langkah-langkahnya kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.