Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kembalikan File Microsoft Word yang Belum Tersimpan Akibat Laptop Mati

Kompas.com - 12/12/2021, 17:20 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Kompas.com - Pernahkah Anda merasa kesal lantaran dokumen yang tengah diketik di Microsoft Word, belum disimpan karena laptop atau komputer mendadak "hang" atau mati?

Momen itu tentu menyebalkan. Pasalnya, pekerjaan yang telah dibuat dengan menyita banyak waktu dan tenaga, bisa "lenyap" begitu saja.

Banyak penyebab orang belum sempat menyimpan dokumen Microsoft Word yang sedang dikerjakan. Misalnya, terlalu fokus mengerjakan dan lupa menekan tombol "save" untuk menyimpan dokumen.

Baca juga: Cara Menghilangkan Garis Merah Penanda Tulisan Salah di Microsoft Word

Jika mengalami dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan karena laptop atau komputer mati, jangan panik. Ada beberapa cara untuk "menyelamatkan" dokumen tersebut.

Microsoft Word memiliki fitur untuk mengembalikan file yang belum sempat tersimpan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Caranya pun cukup mudah.

Cara mengembalikan dokume Microsoft Word yang belum tersimpan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan laptop atau komputer kembali menyala dengan normal. Apabila "hang" bisa melakukan restart (mulai ulang). Namun, jika laptop atau komputer mati, segera hidupkan kembali dengan meng-klik tombol power.

  1. Setelah itu, ikuti langkah berikut untuk mengembalikan dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan akibat laptop atau komputer mati:
  2. Setelah laptop menyala dengan benar, buka aplikasi Microsoft Word. Lalu, pilih menu "File" di ujing kiri atas, lalu lihat di bagian "informasi tentang (nama dokumen)".
  3. Klik opsi "Manage Version" yang ada di sisi bawah.
  4. Pada bagian ini akan muncul dua pilihan pengaturan, yakni "Recover Unsaved Documents" dan "Delete All Unsave Documents".
  5. Untuk mengembalikan file Microsoft Word yang belum tersimpan, klik Recover Unsaved Documents. Kemudian, akan muncul jendela baru yang memuat folder berisi file-file Microsoft Word yang belum tersimpan.
  6. Langkah terakhir, klik file yang ingin Anda buka atau kembalikan dari folder tersebut. Setelah file tersebut kembali, jangan lupa untuk menyimpannya.

Baca juga: Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word secara Otomatis

Cara mengembalikan dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan akibat laptop atau komputer hang atau mati.Kompas.com/Zulfikar Hardiansyah Cara mengembalikan dokumen Microsoft Word yang belum tersimpan akibat laptop atau komputer hang atau mati.
Perlu diperhatikan, cara ini disajikan KompasTekno dengan menggunakan perangkat berbasis Windows. Kemudian, aplikasi Office yang digunakan adalah versi Microsoft Word 2010 dan 2013.

Baca juga: Cara Menambahkan Caption Gambar di Microsoft Word

Sehingga, kemungkinan versi Microsoft Word yang lebih baru, juga bisa menggunakan fitur ini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com