Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Android Nokia T20 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Kompas.com - 13/12/2021, 14:35 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diluncurkan di pasar Eropa pada Oktober lalu, tablet Android Nokia T20 resmi diboyong masuk ke Indonesia oleh HMD Global, selaku pemilik lisensi merek Nokia.

Perangkat ini merupakan tablet kedua bermerek Nokia setelah kurang lebih tujuh tahun hiatus di pasar tablet dengan Nokia N1 pada 2014 lalu.

Karena merek Nokia baru diakuisisi HMD Global pada 2016 lalu, Nokia T20 otomatis menjadi tablet Android pertama keluaran HMD Global, setelah beberapa tahun mereka merilis produk smartphone.

Secara desain, tablet Nokia T20 mengusung panel IPS LCD berdiagonal 10,4 inci dengan resolusi 1.200 x 2.000 piksel dan rasio layar 5:3. Layar ini juga mendukung fitur playback video hingga resolusi 2K dan memiliki tingkat kecerahan hingga 400 nits.

Masih di bagian depan, pada bagian bingkai atas tablet ini, terdapat kamera beresolusi 5 megapiksel yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Bagian belakang tablet tersebut juga dibekali dengan satu kamera lainnya yang beresolusi 8 megapiksel, yang ditemani dengan modul LED flash untuk membantu kegiatan pemotretan di kondisi minim cahaya.

Pada aspek performa, Nokia T20 ditenagai dengan chipset Unisoc T610 berkecepatan 1,8 GHz. "Otak" tablet tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan dengan kapasitas 64 GB yang bisa diperluas hingga 512 GB dengan kartu microSD.

Sama seperti perangkat tablet kebanyakan, tablet terbaru Nokia ini juga memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup jumbo, yakni mencapai 8.200 mAh, yang mendukung pengisian berdaya 15 watt.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Pad 5, Tablet Android Mirip iPad Pro

Tidak mendukung kartu SIM

Tablet Nokia T20.HMD Global Tablet Nokia T20.

Untuk aspek konektivitas, Nokia T20 yang masuk Indonesia hanya mendukung jaringan internet melalui WiFi, tidak disertai dengan dukungan kartu SIM.

Fitur pendukung lainnya di tablet ini mencakup fitur biometrik face unlock, Google Kids Space untuk mode pemakaian tablet khusus anak-anak, hingga sertifikat tahan debu dan percikan air dengan rating IP52.

Ada pula dukungan output suara dengan teknologi Ozo Audio, dual stereo speaker, dual microphone, serta dukungan konektor USB tipe-C dan audio jack 3,5 mm.

Baca juga: Review Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Beralih ke sektor software, Nokia T20 sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 11 yang bakal mendapatkan tiga tahun jaminan pembaruan keamanan dari Google, serta dua tahun pembaruan Android.

Di Indonesia, tablet tersebut hadir dengan varian warna Ocean Blue dan sudah bisa dipesan (pre-order) di salah satu mitra e-commerce HMD Global di Tanah Air pada periode 12-24 Desember 2021 dengan harga Rp 3,3 juta. 

Selama masa pre-order, pembeli tablet Nokia T20 bakal mendapatkan beragam hadiah gratis.

Beberapa di antaranya mencakup Nokia Power Earbuds, program berlangganan paket premium Vision Plus, satu pohon yang bakal ditanamkan HMD Global atas nama pembeli, serta garansi perangkat selama dua tahun.

Baca juga: Daftar Tablet Murah 2021 di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan ke Bawah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com