Kompas.com - 13/12/2021, 16:35 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp meluncurkan fitur transaksi keuangan berbasis mata uang kripto yang terintegrasi dalam aplikasi. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengirim dan menerima uang kripto secara langsung tanpa keluar dari aplikasi.

Transaksi dalam ruang obrolan WhatsApp itu menggunakan dompet digital bernama "Novi". Novi adalah dompet digital yang berada di bawah unit Fintech Meta dan baru diluncurkan pada Oktober 2021 lalu.

Kehadiran fitur transaksi mata uang kripto ini diumumkan langsung CEO WhatsApp Will Cathcart, pekan lalu.

"Orang-orang menggunakan WhatsApp untuk mengirim uang kepada orang yang dicintai, dan sekarang Novi akan membantu mereka melakukannya dengan aman, instan, dan tanpa biaya," tulis CEO WhatsApp Will Cathcart dalam akun Twitter @wcathcart.

Fitur payment baru WhatsApp ini belum mendukung pembayaran kripto untuk mata uang seperti Bitcoin, Ethereum, dan kripto populer lainnya.

Untuk saat ini, mata uang kripto (cryptocurrency) yang didukung oleh fitur pembayaran tersebut baru stablecoin bernama Pax Dollar (USD Pax/USDP) yang dikeluarkan oleh perusahaan Paxos.

Dengan Coinbase sebagai kustodian alias lembaga penyedia penitipan uang pengguna.

Coinbase mendefinisikan stablecoin sebagai mata uang kripto yang menjembatani aset kripto dengan uang fiat (uang kertas) lantaran harganya yang dipatok pada aset cadangan seperti dollar AS atau emas.

Baca juga: 10 Negara yang Melarang dan Membatasi Mata Uang Kripto

Cara kirim uang kripto di WhatsApp.novi.com Cara kirim uang kripto di WhatsApp.
Nantinya, untuk bisa mengirim USDP, pengguna harus menautkan akun bank miliknya. Selanjutnya, pengguna bisa mengakses fitur pembayaran kripto bisa di dalam ruang obrolan WhatsApp.

Selain belum mengakomodir mata uang kripto populer, fitur pembayaran kripto di WhatsApp ini masih berupa program pilot alias program percontohan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.