Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2021, 06:54 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kapasitas baterai merupakan salah satu bahan pertimbangan penting bagi sebagian orang ketika ingin membeli ponsel baru. Sebab, semakin "jumbo" kapasitas baterai, maka akan semakin lama pula daya tahan ponsel saat digunakan.

Kendati demikian, baterai berkapasitas besar juga memiliki konsekuensi lainnya. Biasanya, baterai ponsel dengan kapasitas "jumbo" akan ikut membuat bodi ponsel semakin bongsor atau tebal.

Kabar baiknya, Xiaomi memiliki teknologi baterai terbaru yang mampu meningkatkan kapasitas baterai hingga 10 persen lebih besar, tetapi peningkatan kapasitas tersebut tidak ikut membuat ukuran baterai menjadi lebih besar.

Teknologi baterai tersebut bernama High-silicon Lithium Battery. Teknologi baterai terbaru ini diumumkan langsung oleh Xiaomi melalui sebuah unggahan di akun Weibo milik perusahaan, baru-baru ini.

Dalam unggahan tersebut, Xiaomi menyertakan dua gambar baterai dengan ukuran yang terbilang sama besar, seperti gambar di bawah ini.

Dengan ukuran yang sama, baterai high-silicon baru Xiaomi (kanan) dapat menghadirkan kapasitas baterai 10 persen lebih besar dibandingkan dengan baterai lithium-ion konvensional (kiri).GSMArena Dengan ukuran yang sama, baterai high-silicon baru Xiaomi (kanan) dapat menghadirkan kapasitas baterai 10 persen lebih besar dibandingkan dengan baterai lithium-ion konvensional (kiri).
Baterai di sebelah kiri adalah gambar baterai lithium-ion konvensional yang biasa digunakan pada smartphone saat ini. Sementara itu, baterai di sebelah kanan adalah sosok high-silicon lithium battery yang merupakan inovasi terbaru dari Xiaomi.

Xiaomi mengeklaim bahwa baterai high-silicon barunya itu memiliki kandungan silikon pada elektroda negatif tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan baterai lithium-ion pada umumnya.

Selain itu, baterai high-silicon tersebut juga menggunakan teknologi pengemasan baru yang mampu memperkecil sirkuit kontrol di dalam baterai.

Dua hal itulah yang memungkinkan baterai high-silicon terbaru Xiaomi mampu menampung kapasitas baterai hingga 10 persen lebih banyak, meski dengan ukuran baterai yang sama dengan baterai lithium-ion konvensional.

Di samping itu, baterai high-silicon ini juga diklaim dapat meningkatkan masa pakai baterai hingga 100 menit.

Xiaomi mengatakan baru akan mulai memproduksi baterai high-silicon ini secara massal pada paruh kedua tahun depan, atau periode Juli-Desember 2022, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (14/12/2021).

Jadi, agaknya ponsel flagship Xiaomi 12 yang dirumorkan akan diluncurkan sebentar lagi belum akan dibekali dengan teknologi baterai terbaru ini.

Baca juga: Ponsel Pertama Ber-chip Snapdragon 8 Gen 1 Meluncur, Bukan Xiaomi 12

Teknologi HyperCharge

Masih berkaitan dengan baterai, sebelumnya, Xiaomi lebih dulu memperkenalkan teknologi pengisian cepat (fast charging) teranyarnya bernama "HyperCharge".

Standar fast charging tersebut mendukung pengisian cepat dengan daya 200 watt. Xiaomi mengeklaim bahwa "HyperCharge" merupakan teknologi pengisian daya yang jauh lebih cepat dari yang pernah ada sejauh ini.

Teknologi tersebut dipamerkan Xiaomi melalui sebuah video yang diunggah di kanal YouTube miliknya pada akhir Mei 2021.

Baca juga: Teknologi HyperCharge Xiaomi Isi Penuh Baterai Ponsel dalam 8 Menit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com