Prediksi Instagram, 12 Kesukaan Gen-Z pada 2022

Kompas.com - 15/12/2021, 09:02 WIB

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2021, Instagram meluncurkan laporan bertajuk 2022 Instagram Trend Report untuk pertama kalinya.

Dalam laporan tersebut, Instagram merilis sejumlah hal yang bakal jadi tren pada 2022, mulai dari digital thrift shop, konser live stream, penggunaan kosmetik berbahan "aman", video game, hingga rumah eco-friendly.

"Laporan ini adalah panduan Anda untuk tren mendatang sebagaimana didefinisikan oleh Gen-Z. Tren inilah yang akan membentuk budaya pada tahun 2022," tulis Instagram dalam blog resminya, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (14/12/2021).

Untuk membuat laporan ini, Instagram menggunakan survei dari YPulse, sebuah lembaga riset dan insight khusus untuk Gen Z dan Milenial.

Pada Oktober 2021, YPulse menyurvei 1.200 pengguna media sosial mingguan berusia 13-24 tahun yang berbasis di Amerika Serikat.

Dari hasil survei tersebut, Instagram menyajikan laporan prediksi tren 2022 dari sejumlah kategori, seperti kecantikan dan mode, belanja, musik dan tari, kreator dan selebriti, pendidikan, kesehatan, gaming, dan lainnya.

Berikut deretan tren 2022 versi Instagram yang dirangkum KompasTekno dari  laporan 2022 Instagram Trend Report, Rabu (15/12/2021).

1. Make up berbahan aman

Ilustrasi menggunakan skincare di malam hari.SHUTTERSTOCK Ilustrasi menggunakan skincare di malam hari.
Di kategori kecantikan (beauty), Instagram memprediksi bahwa kaum muda bakal lebih menjadi pemilih saat membeli produk perawatan kulit (skincare).

Dari hasil survei, satu dari tiga kaum muda disebutkan tertarik untuk membeli dan belajar lebih lanjut soal make up dan skincare yang "aman" di 2022.

Misalnya, penggunaan skincare berbahan dasar tanaman (plant-based), vegan makeup, dan menggunakan lebih sedikit produk skincare.

Baca juga: Survei Ungkap Alasan Milenial Tak Suka Ditelepon

2. Gaya pakaian berani

Di kategori fashion (mode), kaum muda diprediksi akan lebih berani dalam gaya berpakaian mereka di tahun 2022. Gen Z maupun milenial bakal menggunakan fashion sebagai sarana kegembiraan, optimisme, dan ekspresi diri.

Menurut survei YPulse, sebanyak 50 persen remaja dan orang dewasa muda (young adult) bakal menjajal bold fashion, seperti dark academia, goblincore, dan fashion nostalgic (vintage).

3. Tren digital thrift shop

Sejumlah thrift shop berpartisipasi dalam event USS Sunday Market, Minggu (25/8/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Sejumlah thrift shop berpartisipasi dalam event USS Sunday Market, Minggu (25/8/2019).
Di kategori belanja, membeli barang dari toko loak (thrift shop) bakal menjadi tren di 2022.

Sebanyak 23 persen atau hampir satu dari empat anak muda diprediksi bakal lebih memilih untuk membeli pakaian dari thrift shop, bukan dari toko online ritel ternama.

Sekitar 27 persen atau lebih dari satu dari empat orang diprediksi disebut akan berbelanja langsung melalui feed media sosial mereka, khususnya dari fitur belanja yang ada di dalam aplikasi media sosial.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.