Kompas.com - 15/12/2021, 10:16 WIB

KOMPAS.com - Dalam ajang pameran Inno Day 2021 yang digelar pada Selasa (14/12/2021) kemarin, Oppo mengumumkan Marisilicon X sebagai chip pertama besutannya.

Berbeda dari chip smartphone kebanyakan, Marisilicon X adalah prosesor Neural Processing Unit (NPU) 6 nm yang tertanam dalam chip smartphone, yang dikombinasikan dengan Image Signal Processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory.

Adapun tugas utama dari NPU adalah untuk menangani aneka pengolahan terkait kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI), khususnya dari kemampuan kamera.

Kehadiran teknologi NPU di Marisilicon X diklaim mampu melakukan pemrosesan hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS) yang disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt.

Baca juga: Inikah Wujud Ponsel Lipat Oppo Find N dari Segala Sisi?

Dengan kata lain, Marisilicon X dapat menghasilkan kinerja cepat tanpa menguras daya baterai yang besar.

Ada pula fitur AI Noise Reduction Algorithm yang dapat meningkatkan kinerja prosesor dalam mengurangi bintik foto, hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan dengan chip yang dipakai Oppo Find X3 Pro.

Marisilicon X memiliki RAM DDR dengan bandwidth hingga 8,5 Gbps. Oppo menyebut bahwa arsitektur memori multi-tier yang tertanam di dalamnya dapat meminimalisir delay, serta mengurangi konsumsi daya yang disebabkan oleh siklus baca-tulis yang tidak diperlukan.

Susunan komponen pada chip Marisilicon X.Oppo Susunan komponen pada chip Marisilicon X.

Senior Director Oppo, Jiang Bo menjelaskan bahwa kemampuan tera-bps memory subsystem yang dimiliki Marisilicon X, mampu beroperasi dengan memanfaatkan daya komputasi NPU secara maksimal tanpa dibatasi oleh memori.

"Hal ini dapat secara signifikan mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan penyalinan data, dari unit penyimpanan ke pemrosesan, atau sebaliknya," ungkap Jiang Bo dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (15/12/2021).

Pada sektor fotografi, chip anyar ini dilengkapi teknologi ISP terbaru yang memungkinkan ponsel untuk menangkap gambar dengan dynamic range hingga 20-bit 120db atau empat kali lebih tinggi dibanding Find X3 Pro.

Baca juga: Bocoran Tampang Xiaomi 12 Ultra, Ada Kamera Besar Berlogo Leica

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.