Antisipasi Telkomsel Hadapi Lonjakan Trafik Internet Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 15/12/2021, 11:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel memprediksi trafik internet di beberapa titik di wilayah Jabodetabek bakal ramai pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Vice President Network Service Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Moelky Furqan.

Menurut Moelky, karena prediksi kenaikan trafik tersebut, Telkomsel akan mebambah jumlah BTS-nya di beberapa titik.

"Kami memprediksi bahwa akan ada keramaian (di Jabodetabek) pada Nataru 2021, meski pemerintah melarang hal (adanya keramaian) tersebut," ujar Moelky kepada awak media di Telkomsel Smart Office (TSO), Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Daftar Kode USSD Paket Internet Telkomsel Terbaru

Untuk memastikan jaringan Telkomsel tetap prima di momen Nataru, Telkomsel bakal menambah kapasitas jaringan dengan menghadirkan sejumlah site BTS baru di sejumlah titik-titik ramai pengunjung (point of interest/POI), terutama di wilayah residensial.

"Kami mengidentifikasi di Pantai Indah Kapuk (PIK) belakangan ini memang sedang ramai, dan bakal kami siapkan empat site baru di sana," jelas Moelky.

Selain itu, Telkomsel juga bakal menghadirkan sejumlah posko pemantau di sejumlah titik ramai (POI) yang ada di Jabodetabek, seperti di bandara, wilayah residensial, dan tempat ramai lainnya

"Kami akan buat posko keamanan secara virtual dan hybrid (offline dan online) untuk memastikan layanan Telkomsel tetap prima," imbuh Moelky.

Drive Test

Untuk melihat kesiapan Telkomsel menghadapi trafik di momen Nataru, Telkomsel menggelar uji kesiapan jaringan alias drive test pada hari ini, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Riset Opensignal: Telkomsel Tercepat, Tri Unggul di Gaming

Drive test ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, kini drive test dilakukan di area Jakarta, bukan sampai ke luar kota atau di jalur-jalur mudik dan tempat wisata.

KompasTekno pun ikut memantau gelaran uji jaringan yang kembali dilakukan setelah satu tahun hiatus ini. Pada 2020 lalu, drive test Telkomsel ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Moelky melanjutkan, drive test hari ini akan dimulai dari TSO, Semanggi, Sudirman, Thamrin, Bundaran HI, GraPARI Alia, dan bakal berakhir di Kelapa Gading.

Informasi selengkapnya mengenai hasil drive test jaringan Telkomsel di Jakarta, begitu juta rencana operator tersebut hadapi Nataru 2021 bakal dibeberkan sore nanti, tepatnya ketika gelaran drive test rampung dilakukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.