Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Emoji Tangan di Atas Kepala, di Samping Bahu, Tepuk Jidat, dan Membungkuk

Kompas.com - 15/12/2021, 19:09 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggunaan emoji memang tak pernah lepas dari fitur chatting di media sosial. Emoji pun memiliki beberapa kategori seperti smileys & people, animals & nature, food & drink, activity, travel & places, objects, symbols, dan flags.

Seluruh penggunaan emoji berguna untuk memperjelas kembali suasana pengguna saat sedang chatting maupun memberikan kesan dan pesan tertentu.

Beberapa emoji yang cukup populer adalah emoji people atau simbol manusia dengan aneka gesture. Beberapa di antaranya adalah emoji orang dengan tangan di atas kepala, orang dengan tangan kiri menyamping di sisi bahu, emoji orang membungkuk, dan emoji orang menepuk jidat.

Namun apakah Anda mengetahui arti sebenarnya emoji tersebut? Berikut ini KompasTekno rangkum arti sebenarnya dibalik emoji orang dengan tangan di atas kepala, orang dengan tangan kiri menyamping di sisi bahu, emoji orang membungkuk, dan emoji orang menepuk jidat.

Emoji orang dengan tangan di atas kepala

Arti Emoji Simbol Orangemojipedia Arti Emoji Simbol Orang

Emoji ini kerap dikaitkan dengan arti orang yang sedang menari dengan tangan yang diletakkan di atas kepala, layaknya akan menggerakkan badan.

Namun, arti sebenarnya emoji orang dengan tangan di atas kepala ini adalah memberi isyarat “Ok”. Lengan yang diangkat di atas kepala tersebut menggambarkan lingkaran yang menyimbolkan huruf “O” di kata “OK”.

Emoji orang dengan tangan di bahu

Arti Emoji Simbol Orangemojipedia Arti Emoji Simbol Orang

Emoji orang dengan tangan di bahu biasanya diartikan dengan orang yang memamerkan rambutnya atau seolah-olah membawa nampan makanan atau minuman layaknya pelayan.

Tapi tahukah Anda, menurut Emojipedia simbol ini dapat mengartikan sebagai kekesalan atau bentuk sarkasme. Terdapat juga arti lain emoji ini yang berarti memberi Anda sebuah arahan.

Emoji orang membungkuk

Arti Emoji Simbol Orangemojipedia Arti Emoji Simbol Orang

Sebagian orang bahkan kurang mengerti secara jelas gambar emoji ini. Beberapa mengiranya sebagai orang yang sedang push up, orang yang sedang berbaring, atau bahkan seorang yang sedang bersandar di tangan.

Perlu diketahui, emoji ini merupakan gambaran seorang yang sedang membungkuk. Emoji ini terinspirasi dari budaya Jepang bernama “dogeza” yang mengartikan etika sopan santun,  permintaan maaf atau sedang memohon sesuatu.

Membungkuk juga merupakan bagian budaya sopan santun yang sangat penting di Jepang. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan emoji ini untuk menggambarkan kesan sopan santun pada lawan bicara Anda.

Emoji Orang yang Menepuk Jidat

Arti Emoji Simbol Orangemojipedia Arti Emoji Simbol Orang

Beberapa orang bisa jadi sudah mengerti emoji orang menepuk jidat yang mengartikan sebuah rasa malu atau stres. Emoji ini kira-kira mengekspresikan ungkapan "astaga", "ya ampun", "haduh", dan ungkapan sejenisnya.

Namun banyak orang juga yang masih mengatikan sebagai seorang yang sedang sakit kepala. Emoji orang dengan telapak tangan di jidat ini dapat diartikan sebagai ekspresi rasa malu seseorang akan ketidakmampuannya di sebuah situasi.

Emoji ini dapat diibaratkan dengan suasana ketika Anda akan membayar segelas kopi di kafe dan baru sadar dompet Anda tertinggal.

Perlu diingat, sudah menjadi hal lumrah sebuah emoji memiliki beragam arti dan makna, tergantung tujuan si pengguna. Jadi, tidak perlu kaku dalam mengartikan sebuah emoji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com