Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2021, 19:45 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel meningkatkan kapasitas internet menjadi 7,3 Tbps untuk mengantisipasi lonjakan trafik data pada momen Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021).

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan peningkatan ini dilakukan untuk memastikan jaringan Telkomsel tetap prima di musim ramai (peak season) macam Nataru 2021.

"Periode Nataru 2021 untuk Telkomsel adalah salah satu puncak peningkatan trafik data di akhir tahun, selain dari momen Hari Raya Idul Fitri (RAFI)," ujar Nugroho kepada awak media dalam konferensi pers Telkomsel Siaga, Rabu (15/12/2021). 

Baca juga: Telkomsel Prediksi Trafik Data Naik 15 Persen saat Momen Nataru 2021

Selain menambah kapasitas internet, Vice President Network Assistance, Security and Operation Center Telkomsel, Rahmat Novalianto menambahkan bahwa pihaknya juga bakal meningkatkan transport capacity antar base tranceiver station (BTS) ke server internet exchange

Ilustrasi optimasi jaringan Telkomsel menyambut momen Nataru 2021.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi optimasi jaringan Telkomsel menyambut momen Nataru 2021.

"Kapasitas transport end-to-end dari BTS ke internet exchange ada penambahan dari 54,66 TB menjadi 64,26 TB, ini penambahannya cukup besar," jelas Rahmat dalam kesempatan yang sama. 

Di samping itu, Rahmat juga mengatakan bahwa pihaknya bakal meningkatkan kapasitas dan cakupan jaringan di 247.000 BTS Telkomsel yang tersebar di Indonesia.

Kemudian, dari ratusan ribu BTS tersebut, mereka bakal membangun teknologi jaringan baru, yakni New NE RAN, untuk 763 unit BTS, serta melakukan upgrade terhadap 253 unit BTS existing yang masih mengusung teknologi NE RAN.

"Kami juga bakal menyediakan 53 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk sejumlah titik prioritas (point of interest/POI) tertentu di Indonesia untuk membantu meningkatkan trafik secara spontan," tutur Rahmat. 

Melakukan drive test di seluruh wilayah Indonesia

Ilustrasi drive test jaringan Telkomsel di wilayah Jakarta yang diikuti KompasTekno, Rabu (15/12/2021).Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi drive test jaringan Telkomsel di wilayah Jakarta yang diikuti KompasTekno, Rabu (15/12/2021).

Selain langkah antisipasi tersebut di atas, Telkomsel juga sudah melakukan uji coba kesiapan jaringan (drive test) Telkomsel untuk menghadapi momen Nataru 2021.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.