Video di Twitter Kini Dilengkapi dengan "Caption" Otomatis

Kompas.com - 16/12/2021, 06:40 WIB
Ilustrasi Twitter techradar.comIlustrasi Twitter

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan fitur baru berupa keterangan audio berupa teks (closed caption/CC) otomatis untuk video yang diunggah di Twitter mulai Rabu (15/12/2021).

Fitur baru ini memungkinkan pengguna melihat dialog dalam format teks secara otomatis ketika menonton video di linimasa Twitter.

Selain itu, closed caption tersebut turut menampilkan informasi interpretatif lainnya dari audio yang ada di dalam video, termasuk suara latar belakang, deskripsi musik, atau isyarat audio lainnya.

Saat peluncuran, closed caption otomatis ini mendukung 30 bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, Jepang, Arab, Thailand, China, Hindi, dan banyak lagi. Dari percobaan yang dilakukan KompasTekno saat menulis artikel ini, dukungan untuk bahasa Indonesia belum tersedia.

Baca juga: Ini Arti TBL, Bahasa Gaul yang Trending di TikTok dan Twitter

Kehadiran fitur baru ini juga sudah diumumkan Twitter melalui sebuah twit di akun resmi Twitter Accessibility dengan handle @TwitterA11y.

"Mulai hari ini, semua video akan diberi teks keterangan otomatis. Untuk melihatnya, aktifkan teks di pengaturan perangkat seluler Anda, atau pilih tombol CC di Web," tweet @TwitterA11y.

Twitter sebenarnya sudah menghadirkan fitur caption untuk video. Namun, dulu caption ini harus diisi secara manual oleh si pembuat tweet, yakni dengan mengunggah file caption dengan format .SRT melalui Media Studio library Twitter.

Baca juga: Cara Mengunci Akun Twitter dan Mengubahnya Menjadi Privat

Namun, sekarang, video di Twitter yang berisi dialog akan secara otomatis diberikan teks keterangan.

Melalui twit terpisah, akun dengan handle @TwitterSupport menjelaskan bahwa fitur baru closed caption ini akan tersedia mengikuti bahasa asli dari video yang diiunggah.

"Teks otomatis akan muncul dalam bahasa asli yang digunakan pada video. Subtitle (teks terjemahan) belum tersedia untuk saat ini,"

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.