Kompas.com - 16/12/2021, 07:38 WIB

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo bersama dengan Nokia, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan Universitas Oulu Finlandia meresmikan ITS 5G Experience Center di Surabaya, Jawa Timur.

5G Experience Center sendiri telah didirikan sejak September 2021 lalu, bersamaan dengan peluncuran layanan komersial 5G di Surabaya, Jawa Timur.

Adapun 5G Experience Center ini mampu berperan sebagai pusat pengetahuan, kreatifitas, dan keunggulan untuk mendorong inovasi 5G, kolaborasi, dan pemberdayaan talenta digital lokal.

Beberapa manfaat yang diklaim dapat diberikan oleh 5G Experience Center antara lain seperti memberikan akses pada fasilitas dan komunitas penelitian dan pengembangan global.

Baca juga: 15 Negara dengan Internet 5G Tercepat di Dunia

Pusat 5G ini juga diklaim mampu menyediakan program sertifikasi untuk menjadi ahli 5G profesional yang diakui, serta menyediakan jalur untuk pengembangan karir dan kewirausahaan di masa depan.

Hingga saat ini, sudah ada sejumlah proyek inovatif unggulan telah dikembangkan di 5G Experience Center oleh mahasiswa ITS.

Beberapa di antaranya termasuk RAISA 5G Medical Robot sebagai use case untuk sektor Smart Health dan 5G "Suroboyo Bus" Autonomous sebagai use case untuk Smart Mobility.

Kemudian, ada pula Mycom 5G Cloud Computing sebagai use case untuk Smart Education, serta ARSA Fast Response Drone sebagai use case untuk Smart Living/ Smart Security.

Baca juga: Penjualan Smartphone 5G di Indonesia Tembus 500.000 Unit

Terkait dengan kehadiran 5G Experience Center, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo, Arief Musta'in mengaku bangga karena mampu menggandeng ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia guna memelopori pengembangan ekosistem 5G di Indonesia.

"Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi katalisator dalam mendorong inovasi & kewirausahaan di mana anak muda Indonesia kini memiliki wadah dalam mengeksplorasi masa depan tanpa batas dari teknologi 5G," ungkap Arief dalam keterangan tertulis, Kamis (16/12/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.