Kompas.com - 16/12/2021, 08:22 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi Android 12 Go Editon resmi dirilis Google pada Selasa (14/12/2021). Diluncurkan kali pertama pada tahun 2017, OS Android Go Edition menargetkan ponsel-ponsel murah di segmen entry-level dengan spesifikasi rendah.

Lewat versi terbaru Android 12 Go Edition, Google ingin memberikan pengalaman yang lebih cepat dan cerdas dibandingkan generasi sebelumnya.

Google mengatakan ponsel dengan Android 12 Go Edition bakal memiliki peningkatan fitur yang memudahkan pengguna menerjemahkan beragam bahasa.

Baca juga: Google Luncurkan Android Go, Nyawa Baru untuk Ponsel Pas-pasan

Kemudian, terdapat fitur baru yang memungkinkan pengguna bisa membuka sebuah aplikasi, tanpa perlu men-downloadnya, sehingga dapat menghemat penggunaan paket data internet.

Google juga menjelaskan berbagai fitur lain yang hadir di ponsel dengan Android 12 Go Editon pada tahun depan, melalui postingan di blog resminya.

Berikut rangkuman fitur-fitur terbaru yang bakal hadir di ponsel keluaran tahun 2022 dengan OS Android 12 Go Edition.

Jalankan aplikasi lebih cepat

Aplikasi yang terinstal di ponsel berbasis Android 12 Go Edition diklaim dapat dijalankan dengan 30 persen lebih cepat. Selain itu, Google juga mengatakan animasi ketika awal membuka aplikasi akan berjalan lebih halus.

Aplikasi akan dengan mudah terbuka, tanpa ada delay (waktu tunggu) yang lama. Dalam mengembangkan peningkatan ini, Google juga telah membuat SplashScreen API, sehingga developer bisa menghadirkan aplikasi yang bisa dibuka dengan lebih halus.

Lebih hemat baterai

Android 12 Edisi Go juga digadang dapat menghemat penggunaan daya baterai dengan pengelolaan aplikasi yang ditingkatkan. Google mengatakan aplikasi yang tidak digunakan pengguna bakal secara otomatis dihibernasi.

Fitur hibernasi otomatis ini juga membantu ruang penyimpanan ponsel menjadi lebih hemat. Fitur lain yang bisa membantu menghemat ruang penyimpanan ponsel juga hadir melalui aplikasi Files Go versi terbaru.

Baca juga: Xiaomi Umumkan Teknologi Baterai Jumbo Anti-bongsor

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.