Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Oppo Find N dengan Smartphone Layar Lipat Lain

Kompas.com - 16/12/2021, 09:41 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ponsel lipat perdana bikinan Oppo, yaitu Oppo Find N resmi meluncur di China pada Rabu (15/12/2021).

Di China, Oppo Find N dijual paling murah seharga 7.699 Yuan (sekitar Rp 17,3 juta) dan paling mahal 8.999 Yuan (sekitar Rp 20,3 juta).

Dengan banderol harga tersebut, Chief Product Officer Oppo, Pete Lau mengungkap lima hal yang menjadi fitur unggulan ponsel lipat Oppo Find N, dalam acara peluncuran daring yang disiarkan melalui saluran YouTube Oppo. Apa saja?

1. Layar dengan material UTG yang kuat

Oppo Find N dibekali dengan dua layar dengan panel AMOLED, yakni layar internal berukuran 7,1 inci dan layar eksternal berbentang 5,49 inci.

Yang menarik, layar fleksibel Oppo Find N tersebut menggunakan 12 lapis Serene Display.

Baca juga: Samsung Pamerkan Ponsel Layar Lipat Tiga

Bagian atas layar ponsel ini juga menggunakan lapisan Flexion UTG (kaca ultra-tipis) yakni setebal 0,03 mm. Lapisan layar ini yang lebih tipis dibandingkan dengan kaca pada smartphone biasa yang berukuran 0,6 mm.

Dengan penggunaan lapisan Serene Display dan UTG, layar Oppo Find N dapat dibuka-tutup dengan mudah serta memiliki daya tahan yang kuat.

2. Garis lipatan tidak kentara

Pete Lau mengungkapkan, Oppo Find N dibekali dengan teknologi engsel melengkung berbentuk seperti tetesan air yang disebut dengan Flexion Hinge.

Engsel tersebut dianalogikan sebagai sendi dalam tubuh manusia. Karena berperan layaknya sendi, kata Lau, Flexion Hinge memiliki keunggulan yakni memungkinkan ponsel bergerak dengan mulus saat dibuka dan dilipat.

Selain itu, penggunaan teknologi Flexion Hinge juga memungkinkan garis lipatan di sisi tengah ponsel tersamarkan hingga 80 persen.

Flexion Hinge juga dapat menghilangkan celah antara layar saat dalam posisi dilipat, sehingga dapat melindungi layar dalam dari goresan.

Lau mengungkapkan, kombinasi layar dan engsel pada Oppo Find N ini mampu bertahan hingga 200.000 kali lipatan.

Menurut Lau, pengguna rata-rata membuka-tutup ponsel sebanyak 100 kali sehari. Bila dihitung, ponsel lipat Oppo Find N mampu bertahan hingga 5,4 tahun pemakaian.

3. FlexForm, ponsel ditekuk seperti laptop

Oppo Find N bisa digunakan layaknya laptop mini, yakni dengan mode FlexForm. YouTube/ Oppo Oppo Find N bisa digunakan layaknya laptop mini, yakni dengan mode FlexForm.
Penggunaan teknologi Flexion Hinge juga memungkinkan ponsel dapat ditekuk membentuk sudut 50 hingga 120 derajat. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan Oppo Find N layaknya sebuah laptop mini.

Oppo telah menyesuaikan antarmuka Oppo Find N agar pengguna bisa tetap menggunakan berbagai fitur atau aplikasi saat dalam mode FlexForm, mulai dari aplikasi musik, catatan, hingga kamera.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com