Cara Mencegah agar Tidak Dimasukkan Grup WhatsApp Tanpa Izin

Kompas.com - 16/12/2021, 12:10 WIB

KOMPAS.com - Anda tentu sudah tidak asing dengan grup WhatsApp. Salah satu fitur andalan WhatsApp ini berguna untuk berdiskusi dan bertukar informasi dengan banyak anggota agar lebih efektif.

Bisa jadi Anda adalah salah satu orang yang tergabung dalam beberapa grup WhatsApp untuk mempermudah koordinasi dalam sebuah organisasi. Namun sayangnya, terkadang Anda merasa terganggu dengan pengguna yang tiba-tiba memasukkan Anda pada sebuah grup WhatsApp.

Baca juga: Cara Cek Voice Note WhatsApp Sebelum Dikirim

Bahkan, pengguna yang tidak Anda kenal terkadang mengundang Anda ke sebuah grup WhatsApp tanpa izin. Untuk mengatasi hal ini, ada cara agar Anda tidak sembarangan diundang masuk ke grup WhatsApp tanpa izin.

Berikut ini KompasTekno rangkum bagaimana cara mencegah akun Anda dimasukkan grup WhatsApp tanpa izin:

Baca juga: Cara Video Call WhatsApp dari Laptop atau PC

Cara Mencegah Dimasukkan Grup Whatsapp Tanpa IzinSoffya Ranti Cara Mencegah Dimasukkan Grup Whatsapp Tanpa Izin

  • Buka WhatsApp di ponsel Anda
  • Klik Ikon “titik tiga” di pojok kanan atas
  • Klik menu “Setting
  • Masuk ke menu “Account
  • Masuk ke menu “Privacy
  • Masuk ke menu “Groups
  • Anda akan menemukan tiga pilihan Everyone, My Contacts, dan My Contacts Except
  • Everyone yang berarti semua orang tanpa pembatasan dapat memasukkan Anda pada grup, My Contacts berarti hanya pengguna yang terdapat pada daftar kontak Anda, dan My Contacts Except yang berarti Anda dapat menyaring siapa saja yang tidak dapat memasukkan Anda ke grup.
  • Untuk mencegah dimasukkan grup WhatsApp tanpa izin, Anda dapat memilih My Contact Except untuk memilih kontak siapa saja yang tidak dapat memasukkan Anda pada grup tanpa izin.

Baca juga: Cara Cek Apakah Whatsapp Kita Diblokir Orang Lain atau Tidak

Jika terdapat admin grup yang ingin memasukkan pengguna yang membatasi undangan grup, admin harus mengirim tautan undangan secara privat pada pengguna tersebut.

Itulah langkah sederhana untuk mencegah akun Anda tidak dimasukkan ke dalam sebuah grup tanpa izin. Hal ini juga menjadi sarana privasi dan keamanan pengguna agar terhindar dari berbagai penyebaran hoaks atau spam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.