Membandingkan Kecepatan 4G dan 5G Telkomsel, Seberapa Jauh Bedanya?

Kompas.com - 16/12/2021, 13:35 WIB
Ilustrasi BTS 5G Telkomsel yang ditunjukkan oleh General Manager Network Engineering and Quality Jabotabek Jabar Telkomsel, Danny Agus (kiri) dan Vice President Network Service Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Moelky Furqan (kanan) di kantor Telkomsel Smart Office (TSO), Rabu (15/12/2021). KOMPAS.com/BILL CLINTENIlustrasi BTS 5G Telkomsel yang ditunjukkan oleh General Manager Network Engineering and Quality Jabotabek Jabar Telkomsel, Danny Agus (kiri) dan Vice President Network Service Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Moelky Furqan (kanan) di kantor Telkomsel Smart Office (TSO), Rabu (15/12/2021).
Penulis Bill Clinten
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel memamerkan kemampuan jaringan generasi kelima (5G) miliknya di kantor Telkomsel Smart Office (TSO) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, operator seluler pelat merah ini memperlihatkan perbedaan kecepatan 4G dengan 5G miliknya

Adu cepat jaringan 4G dan 5G operator tersebut dilakukan menggunakan aplikasi Speedtest dari Ookla.

Dalam pengujian, jaringan 5G Telkomsel mampu menghasilkan kecepatan unduh (download) hingga 559 Mbps dengan kecepatan unggah (upload) mencapai 71,5 Mbps.

Baca juga: 15 Negara dengan Internet 5G Tercepat di Dunia

Hasil tersebut jauh lebih cepat dari layanan 4G Telkomsel yang mentok di 134 Mbps untuk kecepatan download, dan 22,5 Mbps untuk kecepatan upload. Perbandingan kecepatan kedua layanan ini bisa disimak dalam gambar berikut.

Ilustrasi hasil kecepatan download dan upload yang dihasilkan layanan 4G (perangkat kiri) dan 5G (perangkat kanan) Telkomsel.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi hasil kecepatan download dan upload yang dihasilkan layanan 4G (perangkat kiri) dan 5G (perangkat kanan) Telkomsel.
Meski terbilang kencang, kecepatan 5G ini sebenarnya masih kurang maksimal. Untuk kecepatan download, misalnya, 5G secara teori bisa menghasilkan kecepatan hingga 1 Gbps.

Menurut General Manager Network Engineering and Quality Jabotabek Jabar Telkomsel, Danny Agus, hal itu disebabkan karena Base Transceiver Station (BTS) 5G di wilayah TSO memang sudah aktif (live) dan dipakai oleh warga sekitar.

Sebagai informasi, jaringan 5G Telkomsel di wilayah ini menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz.

"Nilai maksimum pada saat user 5G-nya mungkin sedang low (sedikit) bisa mencapai 1 Gbps. Jadi kalau (5G) sudah live dan sudah aktif, pasti akan sharing (kecepatannya)," ujar Danny.

Selain menggunakan aplikasi Speedtest, Telkomsel juga membandingkan kecepatan 4G dan 5G untuk mengunduh video sebesar 2,5 GB dan melakukan streaming video 4K di YouTube.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.