Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Bikin Pelanggan Telkomsel Beralih ke Customer Service Digital

Kompas.com - 16/12/2021, 18:31 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat aktivitas dari tatap muka beralih ke ranah digital alias daring, termasuk untuk layanan pelanggan (customer service) Telkomsel.

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B. Sigit, mengatakan bahwa pelanggan Telkomsel saat ini lebih gemar memanfaatkan layanan online untuk menyelesaikan berbagai masalah yang mereka hadapi terkait penggunaan seluler.

"Sepanjang pandemi ini, layanan contact center sudah mulai bergeser, di mana 65 persen dari seluruh akses yang sebelumnya legacy, kini sudah bergeser ke digital," ungkap Sigit dalam gelaran Telkomsel Siaga, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Membandingkan Kecepatan 4G dan 5G Telkomsel, Seberapa Jauh Bedanya?

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B. Sigit dalam gelaran konferensi pers Telkomsel Siaga, Rabu (15/12/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu B. Sigit dalam gelaran konferensi pers Telkomsel Siaga, Rabu (15/12/2021).
Meski sudah banyak yang beralih ke digital, layanan pelanggan Telkomsel fisik GraPARI bakal tetap dibuka dan terus dihadirkan, terutama di momen penting seperti Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021).

Hal ini, menurut Executive Vice President West Area Sales Telkomsel, Gilang Prasetya bertujuan supaya pelanggan tetap bisa mengunjungi gerai GraPARI untuk berbagai masalah-masalah yang penting.

"Walaupun sudah banyak yang beralih ke layanan online, kami ingin tetap standby di Nataru 2021 untuk membantu pelanggan yang memiliki keluhan yang harus diselesaikan dengan cara tatap muka (offline)," imbuh Gilang dalam kesempatan yang sama.

Terkait Nataru 2021 sendiri, nantinya bakal ada sekitar 396 gerai GraPARI dan 174 gerai Mobile GraPARI di Indonesia yang bakal tetap buka melayani pelanggan di momen akhir tahun tersebut.

Baca juga: Kesiapan Jaringan Telkomsel Hadapi Momen Nataru 2021

Lalu, ada sekitar 411 unit perangkat digital yang disebut My GraPARI, yang bakal tersebar di sejumlah gerai GraPARI di seluruh penjuru Tanah Air.

Tampilan mesin Costumer Service Digital Telkomsel yang tersebar di sejumlah GraPARI di Indonesia. Sekilas, mesin ini menyerupai mesin ATM.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tampilan mesin Costumer Service Digital Telkomsel yang tersebar di sejumlah GraPARI di Indonesia. Sekilas, mesin ini menyerupai mesin ATM.
Perangkat ini menyerupai mesin ATM yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan Telkomsel seperti membeli pulsa, mengganti kartu 3G ke 4G, hingga membayar tagihan kartu Halo tanpa harus bertemu dengan agen Customer Service Telkomsel secara fisik.

Lebih lanjut, untuk melayani pelanggan secara jarak jauh, Telkomsel juga menyiapkan tim Siaga Care yang terdiri dari 306 Social Media Agent dan 472 Call Center Agent.

Selain itu, Sigit juga mengatakan pihaknya bakal mengoptimalkan saluran digital untuk menjamin ketersediaan produk dan layanan Telkomsel di momen Nataru 2021. Layanan-layanan tersebut bisa diakses pengguna di kanal-kanal berikut:

  • Call Center: 188 (Telkomsel Halo dan Telkomsel PraBayar)
  • Email: cs@telkomsel.co.id
  • Twitter: @telkomsel
  • Facebook: facebook.com/telkomsel
  • SMS: 1111
  • Asistem virtual di aplikasi MyTelkomsel dan situs web telkomsel.com
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.