Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shopee Luncurkan Fitur Pemesanan Taksi Blue Bird di Aplikasi

Kompas.com - 17/12/2021, 17:05 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber kr-asia

KOMPAS.com - Shopee Indonesia dan PT Blue Bird Tbk baru-baru ini secara resmi meluncurkan fitur pemesanan taksi langsung dari aplikasi Shopee.

Menurut Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Andre Djokosoetono, kolaborasi bersama Shopee ini menjadi bentuk komitmen dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dalam mendapatkan mobilitas yang aman, nyaman dan andal.

"Selama pandemi, kami terus berupaya menjadi semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini, masyarakat semakin mendapatkan keleluasaan akses dalam menjangkau layanan Bluebird," ungkap Andre sebagaimana dikutip KompasTekno dari Kontan, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Pendiri Shopee Jadi Orang Terkaya di Singapura, Ini Jumlah Hartanya

Kehadiran fitur tersebut juga disampaikan akun resmi Blue Bird di Twitter dengan handle @Bluebirdgroup. Dalam sebuah twit, perusahaan juga mengunggah sebuah video tutorial terkait bagaimana cara memesan taksi melalui Shopee.

"Mulai hari ini, Bluebird bisa dipesan di Shopee," ujar akun Twitter Blue Bird melalui handle @Bluebirdgroup.

Senada dengan Andre, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia Daniel Minardi, mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan hasil dari kesuksesan kolaborasi sebelumnya dalam layanan Bluebird Kirim.

"Fitur pemesanan taksi ini, yang merupakan bagian dari produk digital Shopee, akan semakin memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan pengguna dengan memanfaatkan satu aplikasi Shopee untuk berbagai kebutuhan," kata Daniel. 

Pantauan KompasTekno, Jumat (17/12/2021), pengguna Shopee yang ingin memesan taksi Blue Bird kini bisa mengunjungi menu "Taksi" di dalam aplikasi, atau mengetikkan kata kunci "Taksi" di kolom pencarian aplikasi.

Baca juga: AirAsia Luncurkan Layanan Taksi Online Pesaing Grab

Di sana, pengguna bisa memasukkan titik penjemputan dan alamat tujuan untuk bepergian menggunakan taksi Blue Bird, sekaligus membayar perjalanan tersebut menggunakan ShopeePay.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari KR-Asia.com, Jumat (17/12/2021), fitur taksi Blue Bird ini konon baru hanya tersedia di beberapa wilayah saja.

KompasTekno sendiri mencoba fitur taksi Blue Bird ini di daerah Kota Bekasi dan Jakarta Timur, dan sudah tersedia di wilayah tersebut.

Dengan adanya fitur pemesanan taksi di dalam aplikasi, Shopee tampaknya ingin merambah segmen ride hailing untuk menyaingi Gojek dan Grab.

Di luar taksi atau mobil, belum jelas apakah Shopee bakal menghadirkan fitur pemesanan antar jemput menggunakan sepeda motor, alias ojek di dalam aplikasinya atau tidak.

Baca juga: Grab dan Induk Shopee Kantongi Izin Bikin Bank Digital di Singapura

Shopee sendiri belakangan ini kian gencar melakukan ekspansi layanan.

Pada awal 2021, marketplace yang identik dengan warna oranye tersebut menghadirkan layanan pengantaran makanan ShopeeFood.

Kehadiran ShopeeFood tentunya semakin meramaikan pemain di segmen food delivery di Tanah Air, menemani GoFood, GrabFood, hingga TravelokaEats yang sudah "mengaspal" lebih dulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber kr-asia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com