Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RRQ Hoshi Kalah, Indonesia Tersingkir dari M3 World Championship

Kompas.com - 17/12/2021, 18:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Perjuangan tim Indonesia di kompetisi e-sports Mobile Legends: Bang Bang skala dunia, M3 World Championship, harus berakhir.

Satu-satunya perwakilan Indonesia yang tersisa di kompetisi tersebut, RRQ Hoshi, takluk dari perwakilan asal Filipina, Blacklist International.

Dalam pertandingan tangga turnamen bawah (lower bracket) Blacklist International berhasil mengalahkan RRQ Hoshi dengan skor telak 3-0.

Pertandingan tersebut digelar dengan mekanisme lima game terbaik, alias Best of 5 (BO5).

Tim yang berada di lower bracket sendiri tidak akan memiliki kesempatan untuk kembali berjuang apabila mereka kalah, tidak seperti tim yang berada di tangga turnamen atas (upper bracket).

Baca juga: RRQ Lemon Ungkap Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends, Bisa Dapat Miliaran Rupiah dari Turnamen

RRQ Hoshi sendiri sebenarnya merupakan tim yang berasal dari upper bracket. Namun, di tangga turnamen tersebut, mereka dikalahkan oleh tim asal Filipina lainnya, Onic PH tanpa dengan skor yang sama yakni 3-0.

RRQ Hoshi kemudian harus turun ke lower bracket, dan karena kalah dari Blacklist International, RRQ harus tereliminasi dari ajang M3 World Championship.

Nyaris mencuri poin

Game pertama RRQ Hoshi vs Blacklist International di babak playoff M3 World Championship. Tampak RRQ Hoshi berhasil bertahan dari gempuran Blacklist International dalam waktu sekitar 34 menit.YouTube/MPLIndonesia Game pertama RRQ Hoshi vs Blacklist International di babak playoff M3 World Championship. Tampak RRQ Hoshi berhasil bertahan dari gempuran Blacklist International dalam waktu sekitar 34 menit.
Berbicara soal laga pertemuan antara RRQ Hoshi dan Blacklist International sendiri, tim asal Indonesia yang biasa dijuluki "Sang Raja" itu sebenarnya nyaris mengambil poin di game pertama.

Pasalnya, tim yang beranggotakan "Vynnn", "Clayyy", "Alberttt", "Skylar", dan "R7" itu berhasil menahan berbagai macam serangan dari tim Blacklist International. Bahkan game berjalan sengit hingga lebih dari 35 menit.

Namun, permainan hero cerdik dari tim lawan, seperti Yi-Sun Shin milik "WIse" dan Pharsa milik "Hadji" tak bisa dibendung oleh RRQ Hoshi. Sehingga mereka harus merelakan poin di game pertama.

Baca juga: PBESI Ingin E-sports Jadi Mata Pelajaran Ekstra di Sekolah

Pada game kedua, RRQ Hoshi mencoba membalikkan keadaan menggunakan hero andalan dari Skylar, yaitu Bruno, begitu juga R7, yakni Paquito.

Tetapi, gaya permainan runner-up MPL ID Season 8 tersebut ternyata terbaca oleh Blacklist International.

Sebab, mereka memilih hero Phoveus untuk "Edward", yang teranyata efektif memporak-porandakan strategi RRQ Hoshi, sehingga poin game kedua bisa didapatkan dengan Blacklist International dengan mudah dalam waktu sekitar 14 menit.

Menggunakan kombinasi tiga hero

Game ketiga RRQ Hoshi vs Blacklist International di babak playoff M3 World Championship yang selesai dalam waktu 10 menit.YouTube/MPLIndonesia Game ketiga RRQ Hoshi vs Blacklist International di babak playoff M3 World Championship yang selesai dalam waktu 10 menit.
Pada game ketiga, RRQ Hoshi mencoba untuk menggunakan kombinasi hero Rafaela, Bruno, dan Lunox.

Meski demikian, ketiga hero tersebut tampaknya belum mampu menghentikan dominasi Blacklist International.

Sebab, jawara MPL PH Season 8 ini menurunkan dua hero agresif macam Aldous, yang dimainkan oleh Wise, serta Clint yang dimainkan oleh "Oheb".

Alhasil, pertandingan diakhiri dengan waktu yang cukup singkat dari game kedua, yaitu sekitar 10 menit, dan sekaligus mengantarkan Blacklist International ke babak lower bracket selanjutnya.

Baca juga: Perkenalkan Matagi Snipers, Tim E-sports Lansia Asal Jepang

Karena kalah dari Blacklist International, RRQ Hoshi harus rela berada di posisi keenam di kompetisi M3 World Championship.

Dalam kompetisi tersebut, posisi kelima dan keenam bakal membawa pulang hadiah 40.000 dolar AS (sekitar Rp 574 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Jumat (17/12/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Liquipedia
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com