Kompas.com - 18/12/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi Gmail. Jarretera/Shutterstck via Business InsiderIlustrasi Gmail.

KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa layanan Google Mail atau Gmail memiliki penyimpanan yang terbatas? Walaupun Anda masih merasa Gmail Anda tak ada masalah dan masih bisa menerima banyak e-mail, tapi ketahuilah suatu saat penyimpanan tersebut akan penuh.

Tidak perlu kahwatir, sebab ada beberapa cara mengatasi Gmail yang penuh dan tidak bisa lagi menampung pesan masuk. Beberapa cara berikut adalah cara pintas yang akan memudahkan pengguna mengelola kapasitas Gmail yang hampir penuh.

Berikut ini KompasTekno rangkum bagaimana cara mengatasi Gmail yang penuh dengan cepat:

Bersihkan Google Drive dan Foto Anda

Jika Anda sudah tidak dapat menerima e-mail dari pengguna lain, bisa jadi penyimpanan Gmail Anda sudah habis. Secara default Google memberikan kapasitas penyimpanan gratis sebesar 15 GB pada setiap akun Google.

Baca juga: Cara Hapus Seluruh E-mail di Gmail Secara Permanen

Namun, total kapasitas itu harus dibagi dengan beberapa layanan Google, yakni Google Drive, Gmail, dan Google Photos. Sebagai gambaran, Anda memiliki 10GB foto yang diunggah ke Google Foto atau Drive, otomatis ruang yang tersedia untuk Gmail adalah 5GB.

Agar Anda tetap bisa menggunakan akun Gmail dan menerima email, Anda dapat menghapus beberapa foto atau mengosongkan data Anda pada Google Drive atau Google Photos. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan kembali ruang penyimpanan pada Gmail.

Hapus e-mail berukuran besar

Cara mengatasi Gmail penuh, klik ikon nomor 1, kemudian atur jenis file yang ingin dihapus dengan mengisi kolom yang ada di cara nomor 2.Kompas.com/Soffya Ranti Cara mengatasi Gmail penuh, klik ikon nomor 1, kemudian atur jenis file yang ingin dihapus dengan mengisi kolom yang ada di cara nomor 2.

Cara cepat utnuk mengatasi Gmail penuh berikutnya adalah dengan menghapus berbagai file e-mail yang memiliki ukuran besar. Memang mayoritas ukuran e-mail cenderung kecil. Namun mungkin saja Anda pernah mengirim beberapa file gambar dengan ukuran yang besar.

Baca juga: Gmail Punya Fitur Pencegah Salah Kirim E-Mail

Untuk menghapus file dengan ukuran besar cukup mudah. Anda perlu masuk pada kolom pencarian, klik “tampilkan opsi pencarian” yang berada pada bagian kanan kolom pencarian, seperti apda gambar (no. 1) di atas.

Kemudian, atur jenis file yang ingin dihapus berdasarkan ukuran dan waktu dengan mengklik kolom "lebih dari", ukuran dan satuannya, misalnya "25 MB", dan "cakupan tanggal" penerimaan e-mail, mulai dari sehari hingga setahun.

Hapus e-mail yang dirasa tidak penting

Anda juga dapat menyaring kotak masuk Anda dengan menghapus berbagai email tidak penting, seperti email promosi dari aplikasi yang telah Anda unduh, email yang dirasa spam, atau berbagai pemberitahuan lain yang kurang penting. Cara pintas yang bisa dilakukan adalah dengan memasukan kata kunci di kolom pencarian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.