Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Kabel Charger HP Supaya Awet

Kompas.com - 18/12/2021, 16:02 WIB
Soffya Ranti,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber wikihow

KOMPAS.com - Bagi Anda para pengguna ponsel sudah pasti memiliki berbagai perangkat kabel seperti kabel USB, kabel earphone, dan tentu saja kabel charger yang tak dapat terpisahkan dari ponsel Anda.

Kabel-kabel tersebut terdiri dari serat tembaga yang tipis dan kecil sehingga jika Anda tak menggunakannya secara hati-hati tentu akan mudah putus atau rusak. Salah satu yang paling rentan rusak adalah kabel charger hp.

Beberapa faktor membuat kabel charge rusak biasanya dikarenakan kebiasaan pengguna yang menggunakan dan menggulung kabel sembarangan sehingga mudah tertekan atau tertarik dan membuat kabel charge putus.

Baca juga: Apple Digugat karena Jual iPhone Tanpa Charger

Sebagai pengguna tentu Anda ingin alat-alat tersebut tidak mudah rusak agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Maka dari itu, berikut ini KompasTekno rangkum bagaimana cara merawat kabel charger HP agar awet. 

Tarik kabel perlahan usai menggunakannya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah setelah melakukan pengisian daya dan melepas kabel dari ponsel, jangan langsung menariknya lewat gulungan kabelnya. Sebaiknya tarik kabel charge melalui ujung yang menghubungkannya pada perangkat.

Menarik melalui ujung kabel tersebut akan membuat kabel charge lebih awet. Cara ini tak hanya dapat dilakukan pada kabel charge saja ya, Anda juga dapat menerapkan pada berbagai jenis kabel lain agar tetap awet.

Hindari menekuk kabel saat dicolokkan

Saat Anda melakukan pengisian daya, sebaiknya perhatikan ruang dan kendur saat mencolokkannya. Artinya, usahakan tidak melakukan pengisian daya pada tempat yang dirasa terjepit atau tidak memiliki ruang cukup.

Mengapa? karena jika Anda tetap memaksakannya akan membuat Anda terpaksa menekuk kabel dan membuat kabel menjadi tegang dan tertekan. Hal tersebut tentu membuat kabel charger akan mudah putus dan rusak.

Gulung kabel dengan lembut

Satu hal yang paling sering dihiraukan beberapa pengguna yaitu menggulung kabel dengan sembarangan. Menggulung kabel secara sembarang akan membuat kabel mudah tertekan dan tentusaja menjadi rentan rusak.

Bagaimana menggulung kabel charge yang baik? yaitu menggulungnya dengan longgar sebanyak tiga sampai empat kali gulungan dan menyelipkan ujung kabel dengan rapi di antara gulungan tersebut.

Baca juga: Jangan Charge Saat 0 Persen, Begini Cara agar Baterai Smartphone Sehat Walafiat

Cara ini membuat Anda lebih mudah untuk menyimpan kabel charge pada saku kecil di ransel atau tempat khusus kabel charger agar tetap aman dan tahan lama.

Simpan kabel charger dengan baik

Seperti disinggung sebelumnya, setelah menggulung kabel charger hp dengan baik, simpan kabel pada tempat yang aman salah satunya case/kotak pelindung kabel charger.

Case ini berguna untuk menempatkan kabel charge Anda dengan lebih aman dan menghindari kabel tertekan atau menekuk sehingga membuat kabel charge putus dan mudah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber wikihow
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com