Deretan Fitur Baru Instagram yang Meluncur Sepanjang 2021

Kompas.com - 20/12/2021, 18:03 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Sejak kemunculannya 11 tahun lalu, tepatnya 6 Oktober 2011, Instagram terus merilis fitur-fitur baru untuk kian memanjakan pengguna. Dalam perkembangannya, Instagram juga terus memberikan inovasi dan pembaruan.

Pada awalnya Instagram hanya menawarkan fungsi dasarnya yaitu membagikan foto tanpa adanya fitur dan filter menarik. Seiring perkembangannya tentu Instagram saat ini telah memiliki berbagai fitur menarik.

Bahkan, sepanjang tahun 2021 ini pun Instagram terus merilis berbagai fitur tambahan. KompasTekno pun merangkum fitur-fitur Instagram yang muncul sepanjang tahun 2021.

1. Fitur Profesional Dashboard

Kaleidoskop 2021 Fitur- Fitur Instagram yang rilis 2021Soffya Ranti Kaleidoskop 2021 Fitur- Fitur Instagram yang rilis 2021

Awal tahun 2021 Instagram memunculkan fitur Badges yang tersedia pada akun bisnis maupun kreator. Di Indonesia sendiri, fitur Profesional Dashboard memiliki fitur “Food Orders”, “Branded Content Tools” dan “Set Up Instagram Shopping”.

Baca juga: Prediksi Instagram, 12 Kesukaan Gen-Z pada 2022

Fitur-fitur tersebut memungkinkan untuk digunakan para pelaku bisnis maupun konten kreator di Indonesia.Tak hanya itu fitur ini juga dilengkapi dengan “Track Your Performance” yang memungkinkan untuk melihat insight dan performa akun.

2. Fitur “Recently Delete”

fitur instagram yang rilis 2021embedsocial fitur instagram yang rilis 2021
Fitur “Recently Delete” memungkinkan pengguna mendapatkan kembali foto dan video yang dihapus. Beberapa postingan Anda yang dihapus akan masuk pada folder tersebut. Adapun foto, video, reels atau video IGTV akan dihapus permanen secara otomatis setelah 30 hari.

Untuk mengembalikan postingan yang telah dihapus, Anda hanya perlu klik “Restore” pada postingan Anda. Untuk mengaksesnya Anda perlu menuju “Setting” > Klik “Account” > Klik folder “Recently Delete” > “Delete/Restore”

Jika Anda ingin menghapus atau memulihkan konten secara permanen, Instagram akan meminta Anda untuk memverifikasi bahwa Anda pemilik akun yang sebenarnya.

3. Live Room

Fitur Live Rooms di aplikasi InstagramBlog Instagram Fitur Live Rooms di aplikasi Instagram

Pada awalnya Instagram Live hanya bisa dilakukan maksimal sebanyak dua pengguna. Namun, saat ini Instagram telah memunculkan Live Room yang dapat dilakukan hingga maksimal empat pengguna.

Live Room akan memiliki empat jendela dalam satu layar yang dapat diisi empat pengguna sekaligus. Fitur ini muncul akibat meningkatnya live streaming selama pandemi Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.