Kompas.com - 21/12/2021, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Segala aktivitas kini tak lepas dari dukungan handphone alias HP. Namun, kecanduan main HP juga bisa menyebabkan persoalan tersendiri.

Pemakaian HP terlalu lama dapat menyebabkan permasalahan kesehatan pada pengguna. Dalam menghadapi risiko tersebut, Apple memiliki fitur khusus yang dapat memantau pemakaian iPhone pengguna.

Melalui fitur Screen Time atau Durasi Layar, pengguna dapat melihat durasi pemakaian iPhone dalam hitungan harian atau mingguan. Fitur ini juga akan memberikan informasi terkait aplikasi apa saja yang paling banyak diakses.

Selain melihat durasi pemakaian iPhone, pengguna juga dapat membatasi agar layar iPhone tidak akan menampilkan panggilan atau pesan masuk dari kontak tertentu.

Selain itu, pengguna iPhone juga dapat membuat batasan untuk mengakses aplikasi dalam durasi waktu tertentu.

Baca juga: Aplikasi Ini Bisa Bantu Atasi Kecanduan Media Sosial

Batasan tersebut berfungsi agar pengguna dapat membatasi penggunaan iPhone agar tidak berlebihan. Apabila Anda tengah kecanduan main HP, berikut cara mengatur Screen Time di iPhone:

  • Nyalakan iPhone Anda, lalu pilih menu Settings
  • Setelah itu, klik opsi Screen Time dan pilih Downtime
  • Selanjutnya, klik opsi Turn On Downtime Until Tomorrow

Ilustrasi cara atur screen time iphoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara atur screen time iphone
Ketika Downtime atau waktu henti sudah aktif, iPhone akan memberi semacam tanda pengingat di aplikasi yang muncul di layar utama.

Kemudian, Anda akan diberi peringatan oleh Apple bahwa durasi aplikasi telah habis ketika Anda membukanya.

Ilustrasi cara atur screen time iphoneKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara atur screen time iphone
Pada bagian ini, Anda dapat mengatur jadwal untuk mengaktifkan Downtime secara otomatis. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, pengguna juga dapat mengatur pembatasan aplikasi dan kontak yang dapat diakses ketika Downtime aktif.

Baca juga: WHO Tetapkan Kecanduan Game sebagai Masalah Kesehatan

Selain itu, Anda juga dapat membatasi akses perangkat (seperti microphone, lokasi, Bluetooth, dan sebagainya) ketika Downtime aktif. Untuk pengaturan pembatasan lanjutan, Anda dapat mengikuti langkah di atas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.