Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran The NextDev Talent Scouting 2021 Dibuka

Kompas.com - 21/12/2021, 11:32 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel kembali menggelar program The NextDev Talent Scouting 2021.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, The NextDev Talent Scouting 2021 juga mencari startup tahap awal yang memiliki fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, yang mendukung terlaksananya peningkatan kualitas hidup secara berkelanjutan.

The NextDev Talent Scouting 2021 sendiri memiliki empat kategori khusus berdasarkan SDGs : Economic Empowerment, Edtech for Change, Health Revolution, serta Tourism & Ecotourism agar dapat mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030.

Saat ini, sesi pendaftaran The NextDev Talent Scouting 2021 telah dibuka dimulai dengan Track Pitch untuk kategori Economic Empowerment pada 16 Desember 2021 dan kategori Edtech for Change pada 23 Desember 2021.

Baca juga: Komerce Jadi Startup Terbaik The NextDev Talent Scouting 2020, Hadiah Rp 100 Juta

Sementara sesi registrasi untuk kategori Health Revolution akan mulai dibuka pada 13 Januari 2022, dilanjutkan dengan kategori Tourism & Ecotourism pada 20 Januari 2022.

Program The NextDev Talent Scouting 2021 kemudian akan ditutup dengan ajang Grand Final Pitch yang akan digelar pada 27 Januari 2022 mendatang.

Peserta yang terpilih ke dalam 12 startup terbaik akan mendapatkan benefit dan program pengembangan startup berupa 5G, yakni Grant Money, Good Opportunities, Great Mentors, Gain Exposure, dan Golden Ticket to The NextDev Academy 2021.

Sebelum bisa lolos ke tahap terakhir, peserta harus memenuhi sejumlah persyaratan. Salah satunya adalah startup harus memiliki solusi yang memberikan dampak sosial positif bagi masyarakat.

Syarat kedua, startup harus memiliki minimum viable product (MVP) atau prototype. Selanjutnya, pendiri startup harus memiliki komitmen dan kompetensi yang kuat sebagai tim (hipster, hacker, dan hustler).

Apabila berhasil lolos seleksi tahap awal, peserta masih harus disaring kembali kedalam 40 besar sampai dengan top 12 startup.

Adapun tahap penyisihan ini dilakukan menggunakan sistem pitching yang dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti Dampak Sosial, Produk, Model Bisnis, Traction, hingga Manajemen Tim peserta.

Baca juga: Microsoft Umumkan Investasi untuk Startup Perhotelan Oyo

Tim startup akan melakukan pitching selama 3 menit di hadapan para dewan juri yang terdiri dari para ahli berpengalaman di industri, mulai dari Direktur Utama Smesco Leonard Theosabrata, Founder Sekolah.mu Najeela Shihab, Co-Founder & CEO Halodoc Jonathan Sudharta, hingga VP of Brand Marketing Tiket.com Maria Risa Puspitasari.

Startup terbaik akan mendapatkan benefit dan program pengembangan startup berupa Grant Money, Good Opportunities, Great Mentors, Gain Exposure, dan Golden Ticket to The NextDev Academy 2021.

Untuk mengetahui nformasi lebih lanjut terkait sesi pendaftaran pada program The NextDev, 2021 silakan mengunjungi tautan berikut ini. 

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel, Andry P. Santoso mengatakan bahwa The NextDev Talent Scouting hadir sebagai wadah bagi para pelaku di bidang startup serta teknologi digital yang ingin meningkatkan potensi diri.

"Inisiatif ini juga mempertegas dukungan Telkomsel dalam mendorong akselerasi ekosistem digital nasional serta pembangunan sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang teknologi digital," ungkap Andry dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com