Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Bos Perusahaan Teknologi yang "Resign" Sepanjang 2021

Kompas.com - 21/12/2021, 12:09 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2021, ada beberapa perusahaan ternama di industri teknologi di dunia yang ditinggalkan oleh para pemimpinnya.

Yang terbaru adalah Chief Executive Officer (CEO) sekaligus pendiri Twitter, Jack Dorsey, yang memutuskan untuk resign dan mewariskan posisinya kepada Chief Technology Officer (CTO) Twitter, Parag Agrawal pada 29 November lalu.

Selain Dorsey, ada beberapa pemimpin perusahaan teknologi lainnya yang melepas jabatannya ke orang selanjutnya. Siapa saja? Simak daftarnya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Selasa (21/12/2021).

1. Bob Swan (CEO Intel)

Ilustrasi Robert Swan, CEO Intel ke-7Cnet Ilustrasi Robert Swan, CEO Intel ke-7
Awal tahun 2021, tepatnya pada 13 Januari, Intel mengumumkan bahwa CEO mereka, Robert (Bob) Holmes Swan bakal mewariskan posisinya kepada CEO perusahaan cloud dan virtualization asal Amerika Serikat (AS) VMware, yaitu Pat Gelsinger.

Baca juga: Bos VMWare Ditunjuk sebagai CEO Baru Intel

Bob Swan dipercaya sebagai CEO Intel sejak Januari 2019 lalu. Pria kelahiran 9 Mei 1960 ini telah bergabung dengan perusahaan semikonduktor tersebut sejak 2016 lalu sebagai Chief Financial Officer (CFO).

Swan sendiri bakal mewariskan posisi CEO kepada Gelsinger efektif pada 15 Februari 2021. Selepas dari Intel, Swan bergabung dengan perusahaan permodalan yang berbasis di Sillicon Valley, Anreessen Horowitz sejak Juli 2021 hingga sekarang.

2. Pat Gelsinger (CEO VMWare)

CEO Intel, Pat Gelsinger.Intel CEO Intel, Pat Gelsinger.
Seperti sebelumnya, CEO VMware, Patrick (Pat) Paul Gelsinger diumumkan bakal meninggalkan VMware pada 15 Februari 2021, dan memegang jabatan sebagai CEO Intel pada tanggal tersebut.

Sebelumnya, Gelsinger mengemban tugas sebagai CEO VMware sejak 2012 lalu. Pria kelahiran 5 Maret 1961 ini sebenarnya pernah bergabung dengan Intel pada 1979 silam.

Namun, pada 2009 dia bertolak ke perusahaan teknologi komputer EMC dan menjadi Presiden dan Chief Operating Officer (COO) di sana. Saat ini, ia masih menjabat sebagai CEO Intel.

3. Jeff Bezos (CEO Amazon)

Pendiri Amazon, Jeff BezosGeekWire Pendiri Amazon, Jeff Bezos
Pada 3 Februari 2021 lalu, CEO sekaligus pendiri Amazon, Jeffrey (Jeff) Preston Bezos meninggalkan jabatannya.

Ia mengumumkan bakal menyerahkan jabatan tersebut kepada CEO bisnis cloud Amazon Web Services (AWS), Andy Jassy. Proses transisi jabatan tersebut efektif pada 5 Juli 2021.

Pengunduran diri pria kelahiran 12 Januari 1964 ini dilakukan setelah Bezos memimpin Amazon tersebut selama sekitar 27 tahun, atau sejak 1994 lalu. Meski menanggalkan posisi CEO, Bezos sendiri masih berada di Amazon, namun berada di jajaran direksi.

Baca juga: Jeff Bezos Mundur dari Jabatan CEO Amazon, Berapa Harta Kekayaannya?

Setelah melepaskan jabatannya, Bezos mengatakan ia bakal fokus di beberapa bisnis dan kepentingan lainnya yang sempat ia prakarsai seperti Day 1 Fund, Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan lain sebagainya.

4. Reshma Saujani (CEO Girls Who Code)

CEO Girls Who Code, Reshma Saujani.Cnet CEO Girls Who Code, Reshma Saujani.
Beberapa orang mungkin tak mengenal Reshma Saujani. Namun, ia merupakan sosok penting dalam organisasi nirlaba internasional, yakni Girls Who Code, yang memiliki misi untuk membuktikan bahwa perempuan bisa sukses di bidang teknologi, terutama di bidang coding.

Pada 10 Februari 2021 lalu,  wanita kelahiran 18 November 1975 ini mengumumkan bahwa ia bakal meninggalkan posisinya sebagai CEO Girls Who Code, dan mewariskannya kepada COO organisasi tersebut, Tarika Barrett.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com